Beranda Birokrasi Ketua DPRD Kota Solok Nurnisma: Pokir Merupakan Kewajiban Anggota DPRD

Ketua DPRD Kota Solok Nurnisma: Pokir Merupakan Kewajiban Anggota DPRD

Ketua DPRD Kota Solok Nurnisma
Ketua DPRD Koa Solok,Hj Nurnisma,SH bersama Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra,MM saat menghadiri Musrenbang Kota Solok di gedung Kubuang Tigo Baleh, Senin (29 Maret 2021)

Beritanda1–Ketua DPRD Kota Solok Hj. Nurnisma,SH mengatakan, pokok-pokok pikiran (Pokir) DPRD merupakan salah satu bagian dalam penyusunan rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah (RKPD).

“Secara tersirat, dapat diartikan bahwa Pokir DPRD merupakan kewajiban dari masing-masing anggota DPRD,”kata Nurnisma saat menghadiri kegiatan Musrenbang RKPD Kota Solok tahun 2022,yang bertempat di gedung Kubung Tigo Baleh, Senin (29 Maret 2021).

Kegiatan  Musrenbang yang dibuka oleh Wakil Walikota Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra, SE, MM tersebut berlangsung dari tanggal 29 – 31 Maret 2021 dan akan membahas dan merumuskan seluruh kegiatan baik fisik mapun non fisik yang  bertemakan : “Pemulihan Ekonomi Daerah Melalui Penataan Infrastruktur Kota”.

Nurnisma membentangkan, Pokir DPRD diperoleh dari konstituen berdasarkan hasil reses/penjaringan aspirasi masyarakat  sebagai bahan perumusan kegiatan, lokasi kegiatan dan kelompok sasaran. Hal itu selaras dengan pencapaian sasaran pembangunan yang telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah tentang RPJMD dan Pokir DPRD bukan saja dalam bentuk kegiatan fisik tapi bisa juga dalam bentuk bantuan atau pun lain-lain yang sifatnya untuk kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, kata Nurnisma, Pokir DPRD memuat pandangan dan pertimbangan DPRD mengenai arah prioritas pembangunan, serta rumusan usulan kebutuhan program kegiatan yang bersumber dari hasil penelaahan pokok-pokok pikiran DPRD tahun sebelumnya, yang belum terbahas dalam musrenbang, dan agenda kerja DPRD untuk tahun rencana.

“Penelaahan dimaksudkan untuk mengkaji kemungkinan dijadikan sebagai masukan dalam perumusan kebutuhan program dan kegiatan pada tahun rencana berdasarkan prioritas pembangunan daerah,”ucapnya.

Ia menyebutkan, DPRD Kota Solok telah menetapkan pokok-pokok pikiran dalam Rapat Paripurna pada hari kamis tanggal 18 maret 2021 kemarin. Hal ini disampaikan pada surat keputusan DPRD Nomor 07 tahun 2021 tentang pokok-pokok pikiran DPRD dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2022.

BACA JUGA:  Panen Perdana Pisang Kepok Tanjung, Nagari Selayo Kembali Menjadi Kampung Pisang

Ia menyebutkan, sebagai dokumen resmi Pemerintah Daerah, RKPD mempunyai kedudukan yang strategis, yaitu menjembatani perencanaan strategis jangka menengah dengan Perencanaan dan Penganggaran tahunan.

Lantaran itu, proses penyusunan RKPD Kota Solok dilakukan secara sistematis, terarah, terpadu, dan tanggap terhadap perubahan, yang penyusunannya dilaksanakan untuk mewujudkan sinergitas antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan Pembangunan, serta mewujudkan Efisiensi dan alokasi sumber daya dalam Pembangunan Daerah.

kegiatan Musrenbang dihadiri oleh,Ketua komisi I, Nasril In Dt Malinang Sutan,SH, Ketua komisi II,Yoserizal,SH dan Ketua Komisi III,Harizal. Selain itu juga di hadiri oleh unsur Forkompimda, Anggota DPRD Sumbar Daswippetra Dt Manjinjiang Alam,M.Si, Kepala Bappeda Provinsi Sumbar, Sekretaris Daerah Kota Solok, Ketua Kerapatan Adat Lubuk Sikarah, LKAAM Kota Solok, Kepala OPD, Camat, Lurah serta  stakeholder terkait.

Reporter: Wahyu Haryadi