Keren, MTsN 2 Solok Gelar Motivation Training Bagi Siswa Baru dan Guru

53
Suasana Pelaksanaan Spiritual Education motivation training yang diikuti oleh para guru dan siswa baru dalam rangkaian kegiatan Masa ta’aruf siswa madrasah (Matsama) MTsN 2 Solok, Rabu (17/7).

AROSUKA—Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) di MTsN 2 Solok tahun 2019 memunculkan suasana berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, selain memberikan orientasi pengenalan lingkungan dan disiplin madrasah, di sekolah yang berlokasi di Guguk Panjang Nagari Kotobaru  kec. Kubung tersebut, juga dilakukan motivation training (pelatihan motivasi) bagi para siswa baru dan tenaga pendidik.

Kepala MTsN 2 Solok Marta Rinalson menyebutkan, training motivasi ini dipandang penting, karena dengan suasana tahun ajaran baru, lingkungan sekolah digugah untuk memiliki semangat baru dalam menunjang proses pembelajaran dan berbagai program yang diusung madrasah, sehingga bermuara terhadap capaian prestasi siswa dan madrasah itu.

“Kami ingin dengan tahun ajaran baru ini juga membangkitkan semangat baru dan motivasi baru dalam meningkatkan prestasi pendidikan di madrasah ini,” katanya kepada beritanda1.com di sela kegiatan Matsama MTsN 2, Rabu (17/7).

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, pihak MTsN 2 menggandeng lembaga training eksternal Spiritual Education Training (SPECTA) dari SMAN 1 Padang Panjang. Materi yang diberikan lebih kepada motivasi membangun karakter diri dengan pendekatan emosional dan spiritual. Para peserta training pun  terlihat begitu antusias mengikuti meteri yang disampaikan oleh para motivator sembari di selingi dengan guyonan humor yang membuat suasana kian cair.

“Materinya disandingkan dengan pendekatan emosi spiritual, dimana para peserta dituntun untuk memahami dan memotivasi diri dengan dalil-dalil sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah,”  kata Marta Rinalson.

Training ini diharapkan juga memberikan darah baru bagi para tenaga pendidik dan kependidikan di madrasah itu. Karena motivasi yang dimiliki oleh para siswa sejatinya juga harus berbanding lurus dengan semangat yang dimiliki oleh para guru dalam malihirkan generasi terbaik. “Kami ingin, bagaimana mengugah para pendidik untuk menjadi Guru emas, Guru hebat bermartabat yang menciptakan generasi terbaik,” ucapnya.

BACA JUGA:  Disaksikan KPK, Sutan Riska Teken Kesepakatan Pencegahan Korupsi  

Disebutkannya, training ini diikuti oleh 284 siswa baru kelas VII, serta 70 orang guru ASN dan 12 tenaga honorer di lingkup MTsN 2 Solok. Pihaknya juga akan mengembangkan training ini dalam konteks yang lebih luas dengan melibatkan seluruh siswa, termasuk kelas VIII dan kelas IX. “ Kalau berdampak positif, nanti akan tingkatkan dengan kelas VIII dan kelas IX. Rencananya tahun ajaran baru tahun depan juga akan kami laksanakan kegiatan seperti ini,” pungkasnya.

Editor : MALIN MARAJO

 

Loading...
loading...