Keren, MAN 1 Solok Selatan Kini Miliki Kop Mart

Kepala Kantor kemenag Solok Selatan H. Syahrul, foto bersama dengan keluarga MAN 1 Solok Selatan selepas peresmian Koperasi Mart

SOLOK SELATAN – Madrasah  Aliyah Negeri (MAN) 1 Solok Selatan kini miliki Koperasi Mart sendiri. Mini market yang berbasis koperasi ini, dibangun melalui swadaya dari komite Madrasah dan swadaya para siswa. Selain untuk melayani kebutuhan siswa, Kop mart ini juga akan dijadikan sebagai labor praktek siswa jurusan IPS dalam sistem tata niaga maupun akutansi.

Acara peresmian Kop mart tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok Selatan H.Syahrul, bersamaan dengan pembukaan Masa Ta’aruf Siswa (Matsama) Tahun Pelajaran 2019/2020 MAN 1 Solok Selatan dan MTsN 5 Solsel.

Terkait itu, H. Syarul M mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh MAN 1 Solok Selatan dengan mendirikan Kop mart  tersebut sebagai upaya melengkapi fasilitas Madrasah ini. “Saya berharap, hendaknya Kop mart ini dikelola dengan manajemen yang baik, sehingga Kop mart ini bisa berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan MAN 1 Solok Selatan,” ucapnya.

Sementara itu,  Kepala Madrasah, Amri J, menyebutkan Koperasi mart ini didirikan berdasarkan pengembangan dari muatan kurikulum mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). “Kop Mart ini nantinya dijadikan sebagai labor Peserta Didik MAN 1 Solsel jurusan IPS dalam sistem tata niaga maupun akutansi,” kata Amri.

Guna menunjang kemajuan Kop Mart ini, para siswa bahkan telah sepakat melalui Organisaai Siswa Intra Madrasah (OSIM) untuk melakukan simpanan pokok dan wajib sesuai yang dituangkan dalam ADART Kop mart tersebut. “ Kop Mart ini menyediakan kebutuhan sekolah, seperti ATK, seragam siswa dan keperluan belajar lainnya, dengan harga yang terjangkau oleh Warga Madrasah,” bebernya.

Reporter: ZF

Editor: MALIN MARAJO

Facebook Comments

BACA JUGA:  Waspada Virus Corona, Pemkab Solok Tunda Lima Kegiatan Besar Memperingati HUT ke 107
loading...