Keren, Kasat Bimas Polres Sijunjung Beri Tausiyah pada Pertemuan BKMT Kab. Solok

AROSUKA—Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kabupaten Solok menggelar pertemuan bulanan pada Minggu (20/10). Acara tersebut digelar di Masjid Baitul Ikhlas jorong Tanjung Balik nagari Salimpek kecamatan Lembah Gumanti.

Diawali dengan laporan Ketua BKMT Kabupaten Solok Syafruddin, S.Pd.I yang menyampaikan bahwa pertemuan bulan ini adalah untuk mempererat silaturrahmi para anggota sekaligus maulang dan manambah kaji sebagai upaya memperkuat keimanan.

“Kami berharap setiap BKMT kecamatan dan nagari juga menggiatkan kegiatan dilokasi masing-masing. Selain mendengarkan tausiyah dari para ustad, setiap BKMT mengembangkan kegiatannya mulai dari muzakarah atau diskusi sampai menggalak Tahfiz bagi anggota dan kegiatan lainnya,” kata Syafruddin.

Menariknya, tausiyah dalam kegiatan itu disampaikan oleh Ustad H. Syafril. Polisi berpangkat inspektur satu yang bertugas sebagai Kasat Bimas Polres Sijunjung tersebut, memberikan ceramah berjudul Indahnya Persatuan dan Buruknya Perpecahan. Mengutip ayat Al Qur’an surat Ali Imran ayat 103 yang artinya Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai.

Iptu H. Syafril yang akrab disapa Buya tersebut mengajak jamaah untuk selektif dalam berbagi informasi, baik lisan maupun tulisan bahkan media sosial. Karena informasi yang kita bagikan tidak hanya menimbulkan kegaduhan tetapi juga bisa membuat perpecahan.

“Sekarang yang banyak terhadi, dapat info sekilas belum tahu kebenarannya sudah disebar baik di media sosial maupun dalam percakapan. Kondisi ini tidak hanya merusak silaturrahmi dan menimbulkan perpecahan tetapi juga membahayakan dan merusak kenyamaman diri sendiri” terangnya.

Diakhir ceramahnya Ustad Iptu H. Syafril mengajak jamaah dan anggota BKMT untuk menjadikan media sosial sebagai ajang silaturrhami bukan saling mencaci dan menjelekan. “Begitu juga dengan organisasi, jadi wadah untuk bersatu bukan untuk perpecahan,”ucapnya.

BACA JUGA:  Sosialisasikan Bahaya Covid-19, Lurah IX Korong Keliling dengan Betor

Selain menggelar pengajian bersama, BKMT kecamatan Lembah Gumanti selaku tuan rumah juga menjamu jamaah dengan makan siang bersama yang digelar usai shalat Zuhur berjamaah. Dalam kesempatan ini BKMT Permata Tanjung Balik juga menampilkan Qasidah Rabananya.

 

Reporter: MOENTJAK

Editor: MALIN MARAJO

Facebook Comments

loading...