Keren, Ini Dia 10 Penghargaan yang Diterima Pessel Tahun Ini

107
Bupati Hendrajoni didampingi Sekda Erizon dan pejabat lainnya foto bersama usai penyerahan penghargaan secara simbolis di halaman kantor bupati setempat.

PAINAN–Sejak dua pekan terakhir Kabupaten Pesisir Selatan terus menuai penghargaan dari berbagai pihak, baik dari provinsi maupun pusat. Sedikitnya, hingga penghujung tahun ini, 10 penghargaan dan gelar juara di torehkan oleh daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu.

Sekda Pessel Erizon menyebutkan, prestasi tersebut beberapa kategori, yakni Swastisaba Wistara merupakan penghargaan dengan prediket tertinggi untuk Kabupaten Sehat tingkat Nasional. Selanjutnya, Dwija Praja Nugraha (DPN) penghargaan diberikan oleh PB PGRI kepada Bupati Hendrajoni atas perhatian dan komitmennya yang tinggi terhadap pengembangan profesi guru, kemajuan pendidikan, dan PGRI.

Berikutnya, Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Award dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Penghargaan tersebut disematkan karena Pessel dinilai telah melakukan inovasi dalam pembangunan air minum dan sanitasi, melalui pemanfaatan dana desa.

Sementara penghargaan lainnya yakni, Achievment Motivation Person diberikan kepada Bupati Hendrajoni bersama 15 tokoh lainnya di Sumatera Barat yang dinilai memiliki komitmen tinggi dan konsisten dalam keterbukaan informasi publik.

Selanjutnya kata Sekda, Bupati Hendrajoni juga menerima Adhikarya Pangan Nusantara (APN) sebagai pembina ketahanan terbaik tingkat Sumatera Barat.

Dari Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat, Pesisir Selatan juga dinobatkan sebagai badan publik informatif. Sebab, Pessel merupakan satu-satunya daerah yang mendapat penghargaan sebagai  badan publik informatif dari 13 badan publik lainnya. Tak hanya itu, kategori kabupaten/kota paling informatif, Kabupaten Pesisir Selatan juga meraih predikat kabupaten paling informatif.

Untuk kategori nagari informatif Pessel meraih peringkat 2 yaitu Nagari Lunang, sementara dua nagari lainnya masuk nominasi 10 besar yakni Nagari Bungo Pasang Salido, Kecamatan IV Jurai dan Nagari Sambungo, Kecamatan Silaut.

Sementara pada bidang pangan, Kelompok Tani, Timbulun Taratak Surantiah, Kecamatan Sutera, mendapat Juara I sebagai pelaku pembangunan ketahanan pangan tingkat Sumbar kelompok pengembangan usaha pangan masyarakat, serta juara II lomba kawasan rumah  pangan lestari (KRPL) wanita tani Kelok Indah Nagari Kambang Timur, Kecamatan Lengayang.

BACA JUGA:  Pasar Batangkapas Pessel Terbakar, 32 Kios Tinggal Puing

Pada kesempatan itu, Bupati Hendrajoni mengatakan, keberhasilan Pesisir Selatan saat itu tidak luput dari campur tangan semua pihak, termasuk masyarakat Pessel. Menurutnya, hal itu merupakan bukti bahwa aparatur yang ada di daerah sudah mulai berjalan dengan baik.

“Alhamdulillah, ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya saya sampaikan kepada seluruh pihak terkait dan masyarakat Pessel. Sebab, tanpa dukungan dan keterlibatan saudara penghargaan ini tidak bakal kami peroleh. Ini kado akhir tahun untuk kita semua,” tutur Hendrajoni didampingi Sekda Erizon.

Reporter: OKIS ROCKIN

Editor: MALIN MARAJO

Facebook Comments

loading...