Kenormalan Baru, Khatam Al-qur’an Kembali Digelar di Nagari Sumpur Tanah Datar

Khatam Al-qur'an
Prosesi arak-arakan tradisi budaya khatam Al-qur'an yang diikuti para santri TPA/TPSA di Nagari Sumpur kabupaten Tanah Datar

Beritanda1 –Perayaan khatam Al-qur’an diiringi syukuran sudah menjadi tradisi bagi masyarakat. Termasuk di Nagari Sumpur Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar. Tradisi yang sudah turun-temurun sekali dua tahun itu merupakan helat rakyat yang sangat dinanti masyarakat setempat.

 

Namun kegiatan itu sempat tertunda akibat pandemi virus corona (covid-19) melanda berbagai belahan dunia hingga Indonesia. Saat ini memasuki tatanan kenormal baru produktif dan aman covid-19, pemerintah kembali melonggarkan pembatasan sosial bagi masyarakat namun harus tetap mengikuti protokol kesehatan.

Dari itu aktifitas masyarakat mulai kembali normal walau dengan tatanan baru yang harus tetap diikuti, seperti kebiasaan hidup bersih, memakai masker saat keluar rumah, mengkonsumsi buah dan makanan bergizi.

Kegiatan ekonomi masyarakat kembali bergerak, kegiatan beribadah shalat berjamaah di masjid sudah diperbolehkan, begitu juga dengan perayaan khatam Al-qur’an yang dilaksanakan di Jorong Seberang Air Taman (Seberta) Nagari Sumpur Kecamatan Batipuh Selatan, Rabu 8 Juli 2020 pagi.

Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH dalam sambutannya memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas pelaksanaan khatam Al-qur’an tersebut yang tetap menerapkan protokol kesehatan di masa tatanan normal baru produktif dan aman covid-19 itu.

“Khatam Al-qur’an sebagai kegiatan syiarnya agama Islam merupakan upaya meningkatkan kualitas bacaan, pemahaman, pengamalan dan penghayatan Al-qur’an dan ini juga termasuk dalam visi misi daerah,” ucapnya.

Khatam
Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma ikut memotivasi pelaksanaan khatam al-qur’an yang dihelat di nagari Sumpu Kabupaten Tanah Datar

Wabup juga menyebut upaya masyarakat ini turut membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan sumber daya manusia terutama di bidang pemahaman agama, adat dan budaya. Wabup juga minta para orang tua agar selalu menanamkan minat baca tulis  Al-qur’an kepada anak-anak agar tidak terjerumus ke dalam perilaku negatif termasuk kecanduan main gadget.

BACA JUGA:  Meriahkan HUT Polwan ke-71, Polwan Polres Solsel Berikan Penyuluhan pada Pelajar

Wali Nagari Sumpur Ade Hendrico Dt. Sari Pado Ketek, ST mengatakan kegiatan khatam Al-qur’an ini sudah menjadi tradisi masyarakat Sumpur, dilaksanakan satu kali dua tahun dan merupakan tradisi yang dinanti-nantikan masyarakat.

“Perayaan khatam Al-qur’an ini sudah dinanti-nanti masyarakat, sebelumnya akan dilaksanakan pada bulan Maret lalu, namun akibat pandemi virus korona ditunda dan baru saat ini bisa terlaksana, walau sudah diperbolehkan pemerintah, kita tetap ikuti himbauan pemerintah melaksanakan dengan protokol kesehatan,” ucapnya.

Disampaikan Ade pelaksanaan khatam Al-qur’an kali ini diikuti sebanyak 52 santri dari 5 TPA/TPSA di 5 Jorong se-Nagari Sumpur yang dipusatkan di Masjid Besar Nagari Sumpur dan pemerintah nagari juga mengalokasikan anggaran yang bersumber dari dana nagari sebesar Rp18 juta rupiah di samping bantuan donatur, perantau dan iuran para orang tua santri yang ikut khatam.

“Selain itu untuk guru-guru mengaji juga dianggarkan namun itu tidak mencukupi. Sebagai bentuk penghormatan, arak-arakan peserta khatam turut diiringi kaum ibu-ibu yang biasanya dari bako menjujung bakul berisi beras yang nantinya akan diserahkan kepada guru mengaji,” ulas Ade.

Khatam Al-qur'an
Wakil Bupati tanah datar Zuldafri darma di antara para santri yang mengikuti khatam Al-qur’an di nagari Sumpur

Ade juga menyampaikan harapan kepada pemerintah daerah agar dapat memperhatikan kegiatan TPA/TPSA di Nagari Sumpur sehingga kegiatan membaca dan memahami ayat-ayat suci Alqur’an terus syiar.

Turut hadir Anggota DPRD Tanah Datar Kamrita, Camat Batipuh Selatan Herru Rachman, Forkopimca, tokoh masyarakat, bundo kanduang dan undangan lainnya.

Reporter: Wahyu Haryadi

Editor: Malin Marajo

Facebook Comments

loading...