Beranda Daerah Kenakan Tenun Balai Panjang, Ibu Negara Tampak Anggun Pada Syukuran HUT Dekranas

Kenakan Tenun Balai Panjang, Ibu Negara Tampak Anggun Pada Syukuran HUT Dekranas

Tenun
Tenun Balai Panjang yang dikenakan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tampak anggun pada HUT Dekranas

Beritanda1 –  Mengenakan baju dari bahan Tenun Balai Panjang Payakumbuh, Sumatera Barat, Ibu Negara Iriana Joko Widodo tampak anggun dan bersahaja ketika menghadiri Syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke 41 yang diselenggarakan secara daring, Rabu (3 Meret 2021).

Pakaian Tenun Balai Panjang yang dikenakan Ibu Negara Iriana Joko Widodo itu merupakan hasil karya  desainer Nasional Tuty Adib saat menghadiri sengaja dipakai dihadapan Ketua Harian Dekranas serta Ketua Dekranasda Provinsi dan kota/kabupaten seluruh Indonesia, guna menyemangati HUT Dekranas yang mengusung tema Perajin Sehat, Perajin Hebat, Indonesia Maju.

Dalam sambutannya, istri Presiden Joko Widodo mengajak perajin dan pelaku usaha untuk melakukan transformasi digital. Di saat pandemi Covid-19 transaksi perdagangan secara offline mengalami penurunan, namun transaksi perdagangan online tumbuh signifikan.

“Produk kerajinan nusantara harus bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri tentunya dengan produk berkualitas dan kompetitif,” ujarnya.

Menanggapi itu, Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi  ketika dikonfirmasi menyampaikan rasa senang dan bangga, karena baju dari tenun Balai Panjang rancangan desainer nasional Tuty Adib, bisa dipakai oleh ibu Negara. Apalagi dalam acara Rakernas HUT Dekranas yang mengangkat wastra dari semua daerah di tanah air.

“Alhamdulillah, luar biasa. Kualitas produk kerajinan kita diakui. Semoga Tenun Balai Panjang berjaya. Kedepan, kita semakin yakin produk kerajinan Payakumbuh ini diminati dan menjangkau pasar luas, baik nasional maupun internasional,” kata Henny.

Terpisah,  Kadisnakerin Wal Asri saat ditemui menyampaikan, Disnakerin Kota Payakumbuh bekerjasama dengan dekranasda dimana setiap tahunnya ada kegiatan pembinaan IKM, termasuk kerjasama dengan Bank Indonesia dalam program transformasi tenun minang.

“Tenun Balai Panjang juga mendapat perhatian dalam bentuk pelatihan peningkatan kualitas, pemasaran, dan bantuan alat yang telah dilaksanakan pada 2020 lalu, dan tahun ini akan berlanjut pembinaannya,” ujarnya.

BACA JUGA:  Gelar Trabas, Ratusan Peserta Trail Adventures Jelajahi Sejumlah Lokasi Wisata di Dharmasraya

Reporter: Mardikola Tri Rahmadi

Artikel sebelumyaDinas PUPR Kota Payakumbuh Gelar FKP Rencana Awal Renja 2022
Artikel berikutnyaKunjungi Sentra Rendang Payakumbuh, Anggota DPR RI Nevi Zuairina Mencoba Sensasi Mengaduk Randang