Beranda Agama Kemenag Sumbar Gelar Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji  2021

Kemenag Sumbar Gelar Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji  2021

Diseminasi
Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Jamaah haji dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenag Sumbar H. Syamsuir, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, Dr. H. Helmi, M.Ag, jamaah haji, perwakilan ormas keagamaan dan perwakilan jamaah calon haji Kabupaten Solok

Beritanda1-Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat (Kanwil Kemenag Sumbar)  menggelar diseminasi Pembatalan Keberangkatan Jamaah haji tahun 2021, Selasa (5/10) di Cinangkiak Resort, Singkarak.

Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Jamaah haji dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenag Sumbar H. Syamsuir, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, Dr. H. Helmi, M.Ag, jamaah haji, perwakilan ormas keagamaan dan perwakilan jamaah calon haji Kabupaten Solok tahun 1442 H/2021 M.

Secara virtual diseminasi ini juga diikuti Anggiota DPR-RI Hj. Lisda Hendrajoni, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag RI, Prof. Hilman Latief, MA, Phd, dan Direktur Pengelolaan Haji dan Sihdu Jaja Jaelani.

Menyambut itu, anggota DPR Komisi VIII sekaligus sebagai narasumber mengatakan, Lisda Hendrajoni mengatakan, penundaan keberangakatan calon jamaah haji tahun ini bukan kehendak pemerintah semata, juga karena pemerintah Arab Saudi tidak membuka penerbangan ke negaranya.

“Keputusan pemerintah diambil untuk keselamatan jamaah dengan merunut kepada undang-undang haji dan juga mengacu pada syarat dan riukun haji,” ujar Lisda.  

Sebelumnya, panitia pelaksana H.Uswatman melaporkan, kegiatan ini merujuk pada Undang-Undang nomor 8 tahun 2019 tentang Penyelenggara Haji dan Umrah, kemudian Peraturan Menteri Agama nomor 13 tahun 2021 tentang Ibadah Haji reguler dan Keputusan Menteri Agama nomor 660 tahun 2021 tentang pembatalan keberangkatan haji tahun 2021.

“ Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada jamaah terkait pembatalan keberangkatan haji 2021 dan meluruskan kesimpangsiuran berita yang beredar di tengah masyarakat,” papar Uswatman.

Dikatakan, diseminasi pembatalan keberangkatan jamaah haji ini dilaksanakan  dalam rangka memberikan informasi pada tata cara bimbingan manasik haji dan umrah di masa pandemi.

Sementara itu,  PLT Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Syamsuir yang membuka kegiatan ini menyampaikan rasa kagum pada jamaah, yang ikhlas menerima keadaan dan keputusan penundaan keberangkatan akibat pandemi covid-19.

BACA JUGA:  Pemerintah Kota Payakumbuh Canangkan 20 Kelurahan Bersinar Tahun 2021

“Keputusan Menteri Agama ini lahir dengan kajian mendetail, selain kesehatan dan keselamatan jamaah di tanah suci, pemerintah Arab Saudi juga menutup pintu masuk ke negaranya,” ujar H. Syamsuir.

“ Mungkin ini ujian Allah, di saat jamaah sudah siap secara materi dan mental untuk menunaikan ibadah haji, Allah uji kesabaran dengan penundaan keberangkatan,” tambah H. Syamsuir.

Reporter: W2

Artikel sebelumyaDisperinkop dan UMKM Agam Bakal Promosikan Kopi Luwak Palupuah
Artikel berikutnyaTim Ojoloyo  Polres Kampar Borgol Pengedar Shabu di Penyasawan Rumbio