Kemenag Kabupaten Solok Luncurkan Layanan Online untuk Pembelajaran Selama Pandemi

Kemenag
Kepala Kantor Kemenag kabupaten Solok Drs. H. Alizar MA memberikan arahan dihadapan peserta Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Madrasah se Kabupaten Solok, Senin (10/8) di MTsN 2 Solok (MTsN Koto Baru).

Beritanda1—Madrasah yang berada di jajaran Kantor Kemenag Kab. Solok kini mendapat kemudahan dalam melakukan pembelajaran secara online. Melalui sebuah inovasi teknologi untuk membantu sistem belajar daring selama masa pandemi Covid-19.

 

“Layanan online yang diluncurkan hari ini adalah kemudahan administrasi dari seksi pembinaan madrasah untuk birokrasi,” kata Kasi Penmad H. Syamsul Bahri saat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Madrasah se Kabupaten Solok, Senin (10/8) di MTsN 2 Solok (MTsN Koto Baru).

Melalui aplikasi berbasis google form, seluruh madrasah dapat mengirimkan data dan surat dalam stu group, sehingga memudahkan untuk bekerja dari rumah. “ Dalam rapat koordinasi ini kami ingin menyatukan visi kepala madrasah dalam pelaksanaan pembelaharn selama pandemi ini,” terang Syamsul Bahri.

Terkait itu, Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok Drs. H. Alizar, MA  mengapresiasi inovasi dari seksi penmad dengan meluncurkan layanan online. Ia menyebut inovasi tersebut sebagai salah pengamalan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama.

Alizar berharap, aplikasi yang telah diciptakan untuk terus disempurnakan sesuai dengan kondisi dan perkembangan kebutuhan pelayanan dan organisasi. Selain itu, yang namanya teknologi akan terus mengalami perkembangan, untuk kepada seksi Penmad diminta untuk update dengan perkembangan ini.

“Layanan online merupakan layanan berbasis teknologi, untuk itu update selalu perkembangan, baik kebutuhan organisasi dan pelayanan maupun teknologi. Karena kalau tidak sejalan, tidak mustahil layanan online ini justru memberatkan bagi penggunanya,” ulas kakan Kemenag Alizar.

Terkait pembelajaran dimasa pandemi, Alizar meminta seluruh kepala madrasah menyatukan visi dan mematuhi regulasi. Baik yang diterbitkan oleh Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan maupun Pemerintah Daerah.

“Yang tak kalah pentingnya adalah dalam menjalankan tugas sebagai pendidik tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan diri sendiri, siswa dan orang-orang disekitar kita dengan tetap mematuhi semua protokol kesehatan, baik saat berada di rumah maupun di madrasah,” tegas Alizar.

BACA JUGA:  Yayasan Saleema Foundation Tinjau Lokasi Islamic Boarding School Pessel

Alizar berharap agar guru dan kepala madrasah juga berinovasi dalam menyajikan pelajaran dan melayani siswa selama pandemi ini. Karena kita pahami tidak seluruh siswa memiliki fasilitas belajar daring, maupun ada yang tempat tinggalnya berada didaerah blank spot,”terangnya.

Terkecuali itu, Kakan Kemenag Alizar sekaligus mengucapkan selamat kepada MTsN 2 Solok yang dipercaya sebagai tuan rumah Rakor kepala madrasah dan telah memberikan pelayanan terbaik untuk peserta dan undangan.

Kegiatan yang digelar selama sehari tersebut diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari kepala madrasah se Kabupaten Solok, mulai dari madrasah ibtidayah sampai madrasah aliyah negeri dan swasta.

Reporter: Moentjak

Editor: Malin Marajo

Facebook Comments

loading...