Beranda Daerah Kecelakaan di Pitalah, 3 Pelajar SD Tewas Ditabrak Bus Gumarang Jaya

Kecelakaan di Pitalah, 3 Pelajar SD Tewas Ditabrak Bus Gumarang Jaya

Bus Gumarang Jaya
Polisi melakukan olah TKP akibat Kecelakaan maut di Pitalah Kabupaten Tanah Datar

Beritanda1—Kecelakaan maut terjadi di ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) antara Padang Panjang dan Solok. Lima orang pelajar SD 03 Pitalah, Kecamatan Batipuah, Tanah Datar tertabrak Bus Gumarang Jaya BE 7320 CU tepat di depan sekolah mereka, Kamis (15 April 2021).

Akibat kecelakaan yang terjadi pukul 10.00 WIB itu, Tiga orang dari Lima korban meninggal dunia dan dua lainnya menderita luka berat dan ringan. Tiga korban meninggal dunia itu adalah Wahyu Ilahi (10) dan Afdholul Hardi (9). Keduanya warga Pasar Pitalah.Lalu, Rafi Alfian (9) adalah warga Jorong Rampanai, Kecamatan Batipuah, Tanah Datar.

Kemudian Muhammad Mudasir (9) warga Jorong Pincuran Baliak mengalami luka berat dan Azian (9) warga Rampanai Pitalah menderita luka ringan. Para korban kemudian dievakuasi ke RS Yarsi Padang Panjang oleh petugas.

Kecelakaan Maut Di Pitalah

Kapolres padang Panjang melalui Kasat Lantas AKP Dedi Antonis mengungkapkan,  ihwal terjadinya kecelakaan maut iru berawal saat Bus Gumarang Jaya dengan nopol BE 7320 CU dikemudikan oleh supir Romi Julianto dan kenek Deni Syahputra, datang dari arah Padang Panjang menuju Kota Solok membawa sembilan orang penumpang.

Namun naas, sampai di depan SDN 03 Pitalah, Jln. Umum Padang Panjang – Solok Jorong Baringin Nagari Pitalah Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar,  bus hilang kendali dan banting stir kearah kanan jalan.

Diduga bus Gumarang Jaya tersebut langsung banting stir akibat ada bus didepannya yang melakukan pengeraman mendadak, alhasil Bus Gumarang Jaya reflek banting stir dan menabrak para pelajar yang sedang berjalan di depan sekolah mereka.

Kecelakaan pun tak terelakkan. Lima orang pelajar SDN 03 Pitalah yang tengah berjalan di pinggir jalan tersebut ditabrak bus tersebut. Peristiwa tersebut praktis membuat warga dan teman-teman korban buncah, apalagi melihat jasad para siswa yang tergeletak bergelimpangan di depan pagar sekolah mereka.

BACA JUGA:  Diduga Terlibat Ilegal Mining, Wali Nagari di Dharmasraya Diamankan Satreskrimsus Polda Sumbar

“Sopir Romi Julianto merupakan warga Jorong Pinagar Aur Kuning, Kabupaten Pasaman Barat. Sedangkan keneknya, Deni Syahputra (40) tahun warga Jorong Kinawai desa Balimbing, Kecamatan Rampanai Kabupaten Tanah Datar,” ujarnya lagi.

Saat ini pihak Satlantas Polres Padang Panjang sudah menahan Bus Gumarang Jaya beserta Supir dan keneknya di Mako Polres Padang Panjang untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut.

“Kami telah melakukan olah TKP, dan mengamankan barang bukti, serta membawa para korban ke RS. Yarsi Padang Panjang,” ujar AKP Dedi Antonis.

Reporter: Rajo Alam/Reyhan