Beranda Daerah Dharmasraya Kebakaran Lumat Ponpes Nurul Iman Dharmasraya, Enam Bangunan Lokal dan Kantin Menjadi...

Kebakaran Lumat Ponpes Nurul Iman Dharmasraya, Enam Bangunan Lokal dan Kantin Menjadi Abu

Kebakaran
Kebakaran hebat melalap bangunan Ponpes Nurul Iman Nagari Sitiung, Kabupaten Dharmasraya sekira pukul 01.00 Wib, Rabu (15/9/21) dini hari.

Beritanda1 – Kebakaran hebat melanda komplek pendidikan agama Islam di Kabupaten Dharmasraya. Setidaknya enam unit lokal dan kantin di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Iman di Jorong Pisang Rebus, Nagari Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya,  ludes dilalap si jago merah.

Peristiwa kebakaran ini terjadi sekira pukul 01.00 Wib, Rabu (15/9/21) dini hari.

Kebakaran di lingkungan Ponpes Nurul Iman ini, praktis  membuat warga sekitar berhamburan keluar untuk memberikan bantuan madamkan api secara manual sampai mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini, tetapi sebanyak  lima unit lokal dan satu kantin hangus terbakar.

Terkait musibah ini,  Kapolres Dharmasraya AKBP Anggun Cahyono, S I.K, M.T, yang dikonfirmasi mengaku, meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian materil diperkirakan mencapai Rp 550.000.000.

Salah seorang warga setempat, Rismawati (30) yang tinggal berbatasan dengan Pondok Pesantren, mengaku dirinya mengetahui  kebakaran terjadi sekira pukul 00.45 Wib, tepatnya dibahagian dapur kantin.

“Saya mendengar ada suara berisik dari kantin ponpes. Kemudian saya intip, rupanya api sudah membesar, lalu saya keluar minta pertolongan pada tetangga,” terangnya.

Sontak saja dirinya keluar rumah, untuk memastikan sumber bunyi tersebut. Diluar, dirinya kaget Alang kupalang, karena melihat ada kobaran api mulai membesar dari arah dapur kantin Ponpes. Melihat peistiwa itu, dirinya langsung membangunkan orang tuanya.

Karena dirundung rasa cemas bercampur takut, kedua saksi langsung berteriak mintak tolong untuk memberitahukan kepada warga setempat. Mendengar ada suara  orang mintak tolong, Sodikin (44), terbangun  dan langsung keluar rumah.

Tanpa buang waktu, Sodikin langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran (Damkar) dan petugas Kepolisian sejajaran Dharmasraya.

BACA JUGA:  Hari Ini, Sembilan Guru di Payakumbuh Terkonfirmasi Posisitif Covid 19
Pemadam
Petugas Bersama Warga Setempat Berjibaku Membantu Pemadam Kebakaran

Tidak berselang lama petugas Damkar dan anggota Polri sampai di TKP. Dibantu warga setempat, para petugas mampu memadamkan api sekira pukul 02.30 wib.

“Walau kobaran Api berhasil di padamkan, namun 6 unit ruangan bangunan Ponpes sudah dalam kondisi terbakar,” terang Kapolres Dharmasraya.

Dijelaskan,  ruangan yang  hangus dilahap api meliputi, 1 unit ruangan kantin putra, 1 unit ruangan kantin putri, 1 unit ruangan Gugus Depan (Gudep) dan 3 unit  ruangan lokal.

” Dugaan sementara, kebakaran bersumber dari kantin akibat memasak dengan kompor gas. Korban jiwa tidak ada, namun kerugian Materil dialami Ponpes senilai Rp 550.000.000.” jelas AKBP Anggun Cahyono.

Reporter: Hanif

 

 

Artikel sebelumyaPemko Padang Bina Kelompok Nelayan KUB Tuna Mandiri, Modifikasi Kapal Tonda Menjadi Kapal Penangkap Ikan
Artikel berikutnyaMudahkan Pelayanan Informasi, PN Painan Kerjasama dengan Pemkab Pessel