Kebakaran Di Surian, Dua Rumah Hangus Dilalap Sijago Merah

58
Kebakaran yang menghaguskan dua unit rumah di Surian, Solok menyisakan puing-puing sisa kebakaran (Ist)

SURIAN – Kebakaran hebat melanda nagari Surian, kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Kamis (18/7). Akibatnya, dua unit rumah milik Dawari (58) warga Jorong Ladang Padi hangus dilalap si jago merah.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran ini, namun kebakaran yang terjadi pada pukul 02.00 dinihari itu menghabiskan sebagian besar harta benda milik keluarga korban. Kerugian ditaksir hampir mencapai Rp 500 juta.

Kapolres Solok AKBP Ferry Irawan membenarkan peristiwa kebakaran tersebut. Dari pemeriksaan sementara, api diduga kuat berasal dari dapur rumah lama korban.”Diduga api berasal dari dapur rumah yang terbuat dari kayu, kemudian merembet ke rumah permanen yang posisinya berdekatan,” terang AKBP Ferry Irawan.

Camat Pantai Cermin  Crismon Darma mengatakan, dari keterangan warga, api awalnya terlihat menjalar dari bagian dapur rumah semi permanen, saat itu penghuni rumah sudah tertidur. “Awalnya korban tidak mengetahui kalau rumah semi permanen yang juga dijadikan dapur itu terbakar, warga yang melihat langsung membangunkan korban,” terang Crismon.

Mengetahui rumahnya terbakar korban langsung histeris dan berteriak minta tolong. Warga setempat beramai-ramai datang ke lokasi dan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Sejurus, satu unit mobil damkar kabupaten Solok segera tiba di lokasi dan langsung melokasir api sehingga tidak menjalar ke rumah lainnya. Api dapat dipadamkan 2 jam kemudian. ” Ada tiga rumah yang saling berdempetan milik keluarga korban, dua unit terbakar dan satu lainnya dapat diselamatkan, dan dijadikan tempat tinggal pasca kebakaran,” terangnya.

BACA JUGA:  DPRD Pessel Targetkan 12 Perda Jadi Propemperda tahun 2020

Mengtehaui terjadinya musibah kebakaran, petugas Dinas Sosila Kabupaten Solok langsung mengunjungi lokasi kebakran guna memberikan bantuan  kepada tiga kepala Keluarga yang terkena musibah kebakaran tersebut. Dilansir dari akun facebook Dinas Sosial setempat,  petugas menyerahkan bantuan di kantor Camat Pantai Cermin  disaksikan  camat dan wali nagari setempat.” Semoga bantuan bantuan yang diterima dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena musibah kebakaran,” tutur Petugas Dinas Sosial Kab. Solok.

Editor   : Melatisan

Loading...
loading...