Ke Dumai, KPU Pasaman Lakukan Studi Komparatif Pengelolaan Data Pemilih

15

DUMAI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman mengunjungi KPU Kota Dumai Provinsi Riau dalam rangka studi komparatif Pengelolaan Data Pemilih Semester II, Rabu (4/12/2019).

Tim KPU Pasaman dalam kunjungan tersebut, yakni Ketua Divisi Program dan Data, Taufiq dan Eria Chandra dari Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih SDM dan Partisipasi Masyarakat yang didampingi Kasubag Proda, Rosihan Anwar dan tiga orang staf, Anthony, Habib Berta dan Khairul Azmi.

Kedatangan rombongan KPU Pasaman, disambut seluruh Komisioner KPU Kota Dumai, Darwis Ketua KPU Kota Dumai, Edi Indra, Siti Khadijah, Syafrizal dan Parno, juga Sekretaris KPU Kota Dumai Budi Suryono, Kasubag Data Murita, Kasubag Umum Crystal Vani.

Dalam kegiatan Studi Komparatif terkait Pengelolaan Data Pemilih Semester II tersebut, Taufiq mengaku tertarik untuk mengunjungi Kota Dumai karena jumlah pemilih yang relatif sama, dan melihat pengelolaan data pemilih yang dilakukan oleh KPU Kota Dumai.

“Kami mengabari Ketua KPU Provinsi Riau Pak Ilham M Yasir untuk melihat data di KPU Riau dan beliau menyarankan kami untuk berkunjung ke Kota Dumai, Alhamdulillah bisa terwujud dan berjalan lancar,” ungkap Taufiq.

Dalam kesempatan tersebut fokus KPU Pasaman adalah melihat pengelolaan data pemilih di Kota Dumai, dimana dijelaskan untuk Kota Dumai yang merupakan daerah heterogen dan merupakan daerah industri tentu pengelolaan dan pemutahiran data terus berlanjut, namun demikian permasalahan dapat diatasi.

BACA JUGA:  Bupati Hendrajoni Tinjau Pembangunan Kantor Perwakilan di Tapan

Komisioner KPU Kota Dumai Siti Khadijah menjelaskan, bahwa memang untuk pengelolaan data juga dilakukan dengan FGD, terus ada koordinator operator data di KPU Dumai yang membawahi operator data di setiap kecamatan dengan pola koordinasi dan komunikasi yang intensif termasuk dengan pihak Disduk Capil dan masukan dari Bawaslu dan peserta Pemilu membuat data di Dumai dapat dilaksanakan secara maksimal.

Diakhir kunjungan, Ketua KPU Dumai Darwis mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan rekan KPU Pasaman di Kota Dumai.

Reporter : MA

Editor     : Melatisan

Loading...
loading...