Kasus Positif Covid-19 di Tanah Datar Bertambah 3 Orang

Jubir Covid-19 Tanah datar
Jubir Covid-19 Kabupaten Tanah Datar Roza Mardiah

Beritanda1 –Setelah cukup lama tidak ada penambahan kasus positif Covid-19, sebanyak 3 orang warga Kabupaten Tanah Datar kembali dinyatakan positif Covid-19, Kamis 2 Juli 2020. Tercatat kasus konfirmasi positif terakhir tanggal 27 Mei yang lalu.

 

Juru Bicara Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Tanah Datar Roza Mardiah  menyebutkan, dari hasil Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand menyampaikan 3 warga Tanah Datar terkonfirmasi positif Covid-19.

“ Dengan demikian, total terkonfirmasi positif sudah 14 orang, 9 orang sembuh dan 1 orang meninggal, 1 orang dirawat di rumah sakit rujukan dan 3 orang isolasi mandiri,” ujar Roza saat ditemui di ruang kerjanya.

Dijelaskan ketiganya berasal dari satu keluarga yang berdomisili di Lubuak Bauak Kecamatan Batipuh yakni Pr (31 tahun), Lk (67 tahun) dan Pr (64 tahun).

“Ketiganya dalam kondisi stabil atau Orang Tanpa Gejala (OTG) dan menjalani isolasi mandiri. Untuk mencegah penyebarannya, kami  sedang melakukan tracing terhadap kontak erat pasien terkonfirmasi positif,” jelas Roza.

Dari kasus terkonfirmasi sebelumnya, kata Roza, diperoleh hasil tracing sebanyak 127 orang untuk dites yang dimulai sejak Kamis pada minggu kemaren hingga Rabu di RSUD MA Hanafiah Batusangkar.

Selain itu, terang Roza, saat ini Dinkes Tanah Datar bekerjama dengan Unand melakukan pool test Covid-19 untuk Tanah Datar.

Adapun tujuannya untuk mengindetifikasi insiden Covid-19 dan mengidentifikasi individu yang terinfeksi Covid-19 untuk menjadi dasar dilakukan tracing.

“Metodenya pemeriksaan kelompok berdasarkan populasi penduduk dengan kriteria sampel bersedia untuk diikutkan dalam survey, usia di atas 40 tahun dan banyak beraktifitas di luar rumah,” jelas Roza lagi.

Dari data yang dikirimkan, ucap Roza,  formulasi yang diolah Unand diperoleh angka 1.678 sampel masyarakat Tanah Datar.

BACA JUGA:  Bermalam di Lokasi Banjir, Ketua DPRD Dharmasraya Serahkan Bantuan Makanan

“Sudah 913 orang diperiksa yang dilakukan di seluruh puskesmas di Tanah Datar sejak Senin lalu dan dikirimkan ke Laboratorium Unand,” ulas Roza.

“Harus diingat, virus Corona masih ada di sekitar kita, namun tidak perlu takut, yang terpenting tetap waspada dengan mematuhi protokol kesehatan dan menjaga imun tubuh dengan sama-sama saling melindungi dari tertular virus Corona,” pungkas Roza.

Reporter: Wahyu Haryadi

Editor: Malin Marajo

Facebook Comments

loading...