Kasus Dugaan Korupsi Dana Koni Masih Prioritas Polres Pessel

Kasat Reskrim Polres Pessel AKP. Allan Budi Kusumah

PAINAN–Polisi Resort Pesisir Selatan masih melakukan penyelidikan terhadap 4 perkara dugaan kasus korupsi di wilayah hukumnya, termasuk perkara korupsi yang bergulir pada dana Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pessel, sejak 2017.

“Ya, kasus dugaan korupsi dana KONI masih menjadi prioritas kami. Termasuk yang tiga lainnya. Semua masih dalam tahap penyelidikan,” ujar Kapolres AKBP Cepi Noval pada wartawan di Painan.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Pessel AKP Allan Budi Kusumah menyebutkan, penyelidikan dugaan korupsi penyelewengan dana KONI Pessel bergulir sejak 2017, yang awalnya difokuskan pada penyerahan bonus atlet. Kemudian berlanjut, pada anggaran 2018-2019 terkait alokasi dana hibah Pemkab Pessel pada KONI untuk Porprov XV 2018 di Kabupaten Padang Pariaman.

“Kasus ini bermula dari keterangan sejumlah masyarakat. Selanjutnya kami minta keterangan dari bendahara KONI termasuk atlet,” katanya, Senin (6/1).

Ia menyebutkan, sejumlah kontingen yang berlaga pada perhelatan olahraga tingkat daerah itu, Pemkab Pessel telah mengalokasikan dana hibah sebesar Rp1,3 miliar pada induk olahraga tersebut.

“Pihak kami juga sudah meminta sejumlah dokumen keuangan, seperti kwitansi. Selain itu, penyidik juga meminta keterangan kepada bendahara KONI tentang regulasi dan mekanisme pencairan dana pada masing-masing Cabor,” ucapnya.

Selain bendahara, lanjut Allan, pihaknya juga memanggil masing-masing pengurus Cabor dan para atlet peserta Porprov. Pemanggilan itu sekaitan dengan pemberian bonus.

“Pihak kami sudah mengantongi sejumlah dokumen, antara lain berupa Surat Perintah Pembayaran Dana (SP2D), SPM, SPP dan SPJ belanja tahun anggaran 2017, termasuk SK Pengurus KONI dan buku kas umum (BKU) KONI Pessel TA 2017,” tuturnya.

Ia berharap adanya peran aktif dari semua pihak untuk membantu kelancaran penyelidikkan. Tak hanya dari masyarakat, namun juga dari internal KONI.  “Sebab, ini untuk kemajuan olahraga Pessel. Jika terjadi penyimpangan, tentu kami tak segan-segan untuk menindak tegas,” ujarnya.

BACA JUGA:  Team Alex RMC Painan Fortadella Sabet 12 Piala Pada Matic Race SCP 2019

Reporter: OKIS ROCKIN

Editor: MALIN MARAJO

Facebook Comments

loading...