Beranda Covid-19 Kasus Covid-19 di Kabupaten Solok Kini 889 Orang, dengan Positivity Rate 9,39...

Kasus Covid-19 di Kabupaten Solok Kini 889 Orang, dengan Positivity Rate 9,39 Persen

positivity rate Covid-19
Plh Bupati Solok Aswirman melakukan pemeriksaan kesehatan, jelang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap II perdana di aula Solok nan Indah Arosuka,.

Beritanda1—Jumlah warga Kabupaten Solok yang dinyatakan positif Covid-19 terus meningkat menjadi 886 orang, menyusul adanya penambahan lima orang lagi pada Kamis (11 Maret 2021).

Juru bicara gugus tugas Covid-19 Kabupaten Solok Syofiar Syam mengungkapkan, dari 886 orang tersebut, sebanyak 28 orang menjalani karantina mandiri, 12 orang dirawat dan 21 orang meninggal dunia.

“Dari jumlah keseluruhan tersebut 825 orang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Untuk pemeriksaan spesimen sudah dilakukan sebanyak  9.433 orang dan sebanyak 1.684 berasal dari kegiatan pool test Kabupaten Solok,” kata Syofiar Syam.

Sementara itu jumlah angka Positivity rate Kabupaten Solok juga bertambah 9,39 persen, jauh di atas standar WHO dengan angka 5 persen. Semakin tinggi skor, semakin baik pengendalian penyebaran Covid-19 di daerah tersebut.

Untuk menurunkan angka positivity rate tersebut kata dia, pihaknya akan terus menggencarkan pelaksanaan testing dan tracing pada beberapa daerah yang menjadi klaster penyebaran corona di daerah itu. Positivity rate adalah rasio antara jumlah orang yang mendapat hasil positif lewat tes Corona dengan total jumlah tes.

“Meski demikian, angka positivity rate Kabupaten Solok masih jauh lebih rendah dari angka nasional yang mencapai 30 persen,” ujarnya.

Cara menghitung positivity rate adalah, jumlah total kasus positif dibagi dengan jumlah orang yang dites  dan dikalikan 100. Artinya, semakin rendah positivity rate menunjukkan juga jumlah orang yang dites semakin banyak dan menunjukkan pelacakan kontak yang memadai.

“Dengan semakin banyaknya pelacakan kontak, kita juga akan semakin mudah untuk mendeteksi sebaran Covid-19 di tengah masyarakat. Dengan demikian tentunya juga akan semakin mudah untuk melokalisir dan memutus mata rantai sebarannya,” ucapnya.

Kabag Humas Prokomp Pemkab Solok ini menambahkan, untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap satu bagi tenaga Kesehatan (Nakes) sudah selesai dilaksanakan dari tanggal 1 Februari  hingga 6 Maret 2021 dengan capaian 1.292 orang dengan persentase 101,25 persen.

BACA JUGA:  Pasarkan Produk UMKM, Pemkab Solok Kerjsama dengan Organisasi Masyarakat Minang

“Sedangkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap dua untuk termen pertama bagi pelayanan publik, ASN, TNI dan Polri dilakukan tanggal 9 sampai 11 Maret 2021 di Kantor Bupati Solok Arosuka dengan Capaian 621 orang dari 1.443 sasaran target dengan persentase 43,10 persen,” ucapnya.

Reporter: Ismardi

Artikel sebelumyaGubernur Mahyeldi Lirik Potensi Air Panas Kabupaten Solok Untuk Sektor Wisata
Artikel berikutnyaCV Lambau Tujuh Bersihkan Jalinsum di Dharmasraya dari Tanah Urug