Kapolres Pessel: Bhabinkamtibmas Garda Terdepan Polri Untuk Masyarakat

Kapolres Pessel AKBP Fery Herlambang, S.Ik

PAINAN — Polisi Resort Pesisir Selatan (Polres Pessel), hingga kini terus berupaya menciptakan situasi aman dan tentram di wilayah hukumnya. Dengan menempatkan Bhabinkamtbmas sebagai garda terdepan Polri,  sejumlah program dan sosialisasi pun terus digencarkan dengan harapan agar Polisi selalu mendapat tempat di hati masyarakat.

“Sebenarnya program prioritas tidak ada. Saat ini kami lebih fokus ke pembinaan internal saja. Menurut saya, kalau polisinya baik, tentu masyarakatnya juga baik,” ujar Kapolres Pessel  AKBP Fery Herlambang, S.IK di ruangannya, Jum’at (12/7).

Ia menyebutkan, untuk deteksi dini terhadap kondisi keamanan dan ketertiban di wilayah hukum masing-masing, pihaknya terus berupaya menciptakan hubungan yang humanis dengan masyarakat melalui peran tiga pilar, yakni Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Wali Nagari (kepala desa).

“Kami terus melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan nagari tentang tertib berlalu lintas, bahaya narkoba, miras, LGBT, tidak ikut menyebarkan berita hoax, dan pelanggaran hukum lainnya,” ucapnya.

Terkait dalam menangani permasalahan hukum di wilayah kerjanya, Kapolres lebih mengedepankan upaya mencegah dan menangkal. Hal itu, kata dia, sesuai dengan tugas pokok kepolisian, yakni memelihara keamanan dan ketertiban, memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, serta penindakkan hukum.

Menurut dia, tindakan preemtif, preventif, dan represif akan meningkatkan sinergisitas Polri dengan masyarakat sebagai wujud pelayanan kamtibmas yang prima, profesional dan tidak diskriminatif, serta menjunjung tinggi HAM dalam upaya penegakkan hukum di wilayah masing-masing.

“Tiga pilar ini, selalu pro aktif melakukan deteksi dini terkait kondisi keamanan di tingkat bawah. Jika permasalahan tidak mampu diselesaikan pada tingkat nagari, bicarakan di tingkat kecamatan dan seterusnya kabupaten. Sehingga permasalahan sekecil apapun dapat terselesaikan dengan baik,” katanya menegaskan.

BACA JUGA:  Antisipasi Penyebaran Covid-19, Semua Tahapan Pilwana di Pessel Ditunda

Selain itu, pada momen HUT ke 73 Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 2019 kemarin, Polres Pessel mengusung tema, “Semangat Promoter, Pengabdian Polri Untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara”. Ia berharap, agar Polri tetap menjadi institusi yang dipercaya dan dicintai oleh masyarakat. Sebab, tugas utama polisi adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam hal melindungi dan mengayomi.

“Berbagai kegiatan sudah kami laksanakan seperti jalan sehat, pengobatan massal, donor darah, ziarah makam pahlawan, santunan anak yatim dan bedah rumah warga kurang mampu. Semoga masyarakat Pessel dapat merasakan manfaatnya. Saya mengucapkan selamat HUT Bhayangkara ke 73. Jaya selalu Polri,” ujarnya.

Reporter : OKIS ROCKIN

Editor : MALIN MARAJO

Facebook Comments

loading...