Kampung Tangguh Negeri Sembilan Kota Solok Dilaunching

Kota Solok
Dandim 0309 Solok Letkol Arm. Reno Triambodo didampingi Wawako Reinier dan Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi memukul Gong menandai launching Kampung Tangguh Negeri sembilan di kelurahan IX Korong Kota Solok.

Beritanda1 –Wakil Wali Kota Solok Reinier, melaunching Kelurahan IX Korong Kec. Lubuk Sikarah, menjadi Kampung Tangguh Negeri Sembilan. Kegiatan itu digelar di Halaman Pos Ronda RW 03 Kelurahan IX Korong, Kamis 2 Juli 2020.

 

Hadir pada kesempatan itu, Komandan Distrik Militer 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, Ketua LKAAM Kota Solok H.Rusli Khatib Sulaiman, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Solok.

Terkait itu, Reinier mengatakan, Kampung Tangguh merupakan solusi dari Kapolri dalam menghadapi Pandemi Covid-19 yang patut dukung secara penuh.

Tiga konsep dasar Kampung Tangguh yakni Kesehatan, Keamanan dan Ketahanan Pangan Harus dimulai dari diri sendiri. Pemuda parik paga nagari didorong untuk menggerakkan dan mensukseskan kampung tangguh ini.

“3 konsep dasar kampung tangguh berkaitan langsung dengan masalah kita di masa pandemi Covid-19. Dengan keseriusan kita bersama, diharapkan Kampung Tangguh Negeri Sembilan Kelurahan IX Korong benar-benar ampuh mengatasi pandemi ini,” ujarnya.

Pemko Solok sudah menyalurkan dana kelurahan, diminta kepada Lurah agar mengawasi dan mengarahkan dana itu kepada pemberdayaan masyarakat.

Kota Solok
Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi S.Ik menyerahkan Bantuan Bibit ikan kepada pemuda

Sementara itu, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi menjelaskan, Kampung Tangguh Nusantara setiap kabupaten dan Kota di Indonesia harus ada untuk mencegah dan menghambat penyebaran Virus Covid-19.

“Setelah PSBB, kita masuk ke Tatanan Kehidupan Baru Produktif dan Aman Covid-19. Kita tidak bisa berhenti, kita harus bersama mencegah dan mengendalikan pandemi Covid-19,” ujar Kapolres.

Kampung Tangguh Nusantara merupakan amanat Kapolri sebagai wujud mempertahankan negeri ini dari pandemi Covid-19. Kelurahan IX Korong dipilih karena berdasarkan history merupakan awal terbentuk Kota Solok. Lokasi kelurahan strategis dengan pintu masuk dari depan dan belakang. intinya cuma 3 hal utama, yakni kesehatan, sosial ekonomi (Ketahanan Pangan) dan keamanan.

BACA JUGA:  Kebakaran Pasar Sumani Hanguskan 6 Petak Kios Plastik dan Sembako
Kampung Tangguh Kota Solok
Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi S.Ik menyerahkan Bantuan Bibit ayam kepada warga kampung Tangguh Negeri sembilan Kota Solok

Pelatihan akan diberikan oleh Polres Solok Kota dan diharapkan seluruh warga IX Korong dapat memahami agar kampung ini benar-benar kampung tangguh.

“Kampung Tangguh tersebut dari masyarakat, untuk masyarakat dan oleh masyarakat,” jelas Kapolres.

Sebelumnya, Lurah IX Korong Nasril melaporkan, nama Negeri Sembilan diambil karena memang Kelurahan IX Korong terdiri dari IX Korong. Tim terdiri dari 3 divisi, yakni Divisi kesehatan, Divisi Keamanan, Divisi Ketahanan Pangan.

Kampung Tangguh sendiri dilatarbelakangi kegiatan yang selama ini dilakukan di Kelurahan IX Korong selama pandemi Covid-19.

“Kita patut mengacungkan jempol kepada Babinsa dan Babinkhamtibmas yang bekerja siang dan malam untuk turun membantu jika ada persoalan yang terjadi. 23 anggota satgas selama 3 bulan ini eksistensinya memang seluruhnya didedikasikan untuk kelurahan,” ujarnya.

Selanjutnya, ucapan terimakasih dan bersyukur kepada Pemko, Polres dan Dandim telah memilih Kelurahan IX Korong sebagai kampung tangguh.”Fokus utama bergerak dalam bidang ketahanan pangan. Potensi kita banyak, masyarakat luar biasa mengelola limbah menjadi bahan yang ekonomis,” tutupnya.

 

Reporter: Wahyu Haryadi

Editor: Malin Marajo

 

Facebook Comments

loading...