Kabupaten Solok Bakal Miliki Pesantren Bertaraf Internasional di Aripan

Gusmal
Bupati Solok H. Gusmal mengapresiasi niat Ketua Yayasan UPI YPTK Padang Herman Nawas yang akan mendirikan Pesantren bertaraf Internasional di Nagari Aripan Kec. X Koto Singkarak, Senin (13 Jui 2020), di Guest House Arosuka.

Beritanda1 – Kabupaten Solok bakal memiliki Pesantren bertaraf Internasional, menyusul adanya  rencana Yayasan UPI YPTK Padang ingin memulai pembangunan pesantren megah di Nagari Aripan, kecamatan X Koto Singkarak pada  bulan Agustus mendatang.

Ketua Yayasan UPI YPTK Padang Herman Nawas ketika mengekpose Master Plan Pembangunan Pesantren dimaksud, sekaligus menyebutkan nama pesantren yang akan dibangun itu adalah  Rahmatan Lilalamin International Boarding Shcool.

Dihadapan bupati Solok H. Gusmal, Herman Nawas mengatakan, tujuan dibangunnya pesantren bertaraf Internasional di Nagari Aripan Kec. X Koto Singkarak Kab. Solok adalah untuk  mengembangkan ajaran Islam serta menciptakan SDM yang unggul dan mampu bersaing dengan dunia luar Negeri. “ Nanti  kita akan kerjasama dengan Universitas Islam Madinah, serta merekrut guru dari negara luar ataupun lulusan luar negeri”ujar Herman Nawas Senin (13/7), di  Guest House Arosuka.

Hadir pada kesempatan Kepala  PUPR Kab. Solok Syaiful,  Kepala DPMPTSP/Naker drh Kenedy Hamzah, Kepala Disdikpora Zulkisar, Kepala DLH Bahrizal Bakti.

Ketua Yayasan UPI YPTK Padang Herman Nawas yang didampingi  istri Zerni Melmusi,Wakil Rektor 4 Muhammad Ridwan, Bendahara Yayasan Siti Risky Mulyani dan Konsultan Gilang Panca Wicaksono menjelaskan,  Pesantren Rahmatan Lil’alamin International Boarding School akan dibangun diatas  lahan seluas lebih kurang 45 Hektar secara bertahap.

Untuk tahap pertama, ulas dia, akan dilakukan pembangunan lebih kurang 10 persen dari seluruh perencanaan dan akan dimulai pada bulan Agustus mendatang.

Gusmal
Bupati Solok H. Gusmal dengarkan ekspose rencana pembangunan pesantren bertaraf internasional yang dibangun pihak Yayasan UPI YPTK Padang di nagari Aripan

Menyambut itu, Bupati Solok Gusmal sangat mengapresiasi niat baik Pimpinan Yayasan UPI YPTK Padang yang akan membangun Pusat Pendidikan Isam (Pesantren Rahmatan Lil’alamin International Boarding School) di Kab. Solok

Pembangunan pesantren ini, papar Gusmal, sebenarnya  sangat mendukung program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok yang selama ini sudah dilaksanakan di beberapa sekolah, yaitu  program sekolah umum berbasis pesantren (SUBP)

BACA JUGA:  Meninggal, Pasien Pertama Positif Covid-19 Asal Solok Dimakamkan di Bungus

Dengan adanya pesantren ini nanti, diharapkan dapat meningkatkan karakter anak didik menuju karakter akhlakul kharimah serta dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kab. Solok

Pemerintah Daerah akan selalu memberikan dukungan dan kemudahan demi kelancaran pembangunan pesantren Semua izin akan diproses sesuai dengan aturan yang ada. “ Seluruh masyarakat dan unsur terkait agar hendaknya mendukung pelaksanaan pembangunan, karena hal ini juga akan berdampak pada kemajuan dan perkembangan daerah,”sambut Bupati Gusmal.

Reporter: Wezi Rismanto

Editor    : Melatisan

Facebook Comments

loading...