Jubir Covid-19 Sumbar: Hingga Kini Hanya Kota Padang Yang Masuk Zona Merah

Covid-19 Sumbar
Jubir Covid-19 Sumbar Jasman Rizal

Beritanda1 — Jubir Satgas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal menyebutkan, hingga saat ini tidak ada penambahan zona merah di Sumbar, daerah yang masuk zona merah hanya Kota Padang. Sementara, untuk daerah lain masuk zona oranye dan kuning.

 

Terkait penetapan 4 daerah si Sumbar masuk dalam zona merah, menurut Jasman data yang dimiliki Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar merupakan data onset atau data sebenarnya.

“Penetapan zona merah oleh pusat itu, karena mereka hanya melihat data yang dipublish yang disampaikan setiap hari itu, bukan data onset atau data sebenarnya,” ujar Jasman dilansir dari langgam.id, Kamis (10 September 2020).

Meskipun 4 daerah di Sumbar ditetapkan masuk zona merah, menurut Jasman hal itu merupakan hal yang biasa dan tidak perlu dipermasalahkan.

Jasman menjelaskan, saat ini Pemprov Sumbar memiliki program evaluasi dan verifikasi data yang dilakukan seminggu sekali. Untuk penetapan zona berikutnya, akan dilakukan minggu depan.

“Kalau pastinya, tunggu data minggu besok, itu akan kita umumkan lagi, tentunya setelah evaluasi dan verifikasi,” jelasnya.

Jasman menambahkan, penetapan zona di Sumbar juga berdasarkan data onset atau data rill. “Kalau pusat menetapkan itu (4 daerah zona merah), biarkan saja, mungkin berbeda pandangan saja,” ucapnya.

Jasman menegaskan, persoalan data itu yang paling mengetahui tentunya Pemprov Sumbar. Bahkan, untuk penetapan zona corona, juga telah berdasarkan ukuran epidemiologi yang dijadikan sebagai indikator.

Berikut pembagian zona corona berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Sumbar:

Zona Merah

  1. Kota Padang

Zona Oranye

  1. Kota Bukittinggi
  2. Kabupaten Sijunjung
  3. Kabupaten Padang Pariaman
  4. Kabupaten Agam
  5. Kota Pariaman

Zona Kuning

  1. Kota Padang Panjang
  2. Kota Payakumbuh
  3. Kota Sawahlunto
  4. Kabupaten Pasaman
  5. Kabupaten Solok
  6. Kota Solok
  7. Kabupaten Pesisir Selatan
  8. Kabupaten Tanah Datar
  9. Kabupaten Pasaman Barat
  10. Kabupaten Solok Selatan
  11. Kabupaten Dharmasraya
  12. Kabupaten Kepulauan Mentawai
  13. Kabupaten Limapuluh Kota
BACA JUGA:  Didominasi Barisan Amak-Amak, Deklarasi Boris - Adang Banjir Dukungan

 

 

Facebook Comments

loading...