JSI: Pilkada Serentak 2020 Ditengah Pandemi Covid19, Tantangan Bagi KPU

354
JSI
Jaringan Suara Indonesia

Beritanda1 – Menghadapi Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 ditengah pandemi Covid-19, merupakan tantangan bagi pihak penyelenggara yakni, KPU dan Bawaslu.

 

Manager strategi dan operasional Jaringan Suara Indonesia (JSI), Nursandy Syam menilai perlunya mengkaji Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) didal menghadapi Pilkada serentak ditengah pandemi Covid-19.

Pilkada di tengah pandemi merupakan ujian bagi para penyelenggara. Pasalnya, kualitas demokrasi lokal jadi taruhan.

“Peraturan KPU (PKPU) yang dibuat perlu dikaji dan dipertimbangkan secara matang,” kata Nursandy Syam saat dihubungi, Rabu (3/6/2020).

Nursandy Syam menjelaskan, meningkatkan partisipasi pemilih tidak perlu dengan meniadakan kampanye Akbar dan beralih menggunakan kampanye sosial media.

Dikatakan,  meniadakan kampanye akbar, misalnya, sah-sah saja. Karena resiko bagi kesehatan masyarakat pemilih lebih besar. Tetapi relevansi penghapusan kampanye akbar dengan partisipasi pemilih, menurutnya, sangat nihil.

“ Partisipasi pemilih bisa dioptimalkan dengan berbagai cara. Tak semua upaya harus dengan cara virtual. Melihat karakter pemilih yang heterogen. Hal itu bisa dilakukan tak hanya dari penyelenggara semata tapi pihak lain yang memiliki interest seperti calon kepala daerah bisa melakukan upaya tersebut. Saya kira hal itu perlu menjadi perhatian dari semua pihak,” ungkap Nursandy Syam

Sementara itu, Direktur Nurani Strategic, Nurmal Idrus menilai tidak satupun yang bisa menjustifikasi penghapusan kampanye akbar untuk mendongkrak partisipasi pemilih menghadapi Pilkada ditengah pandemi Covid-19

“Tidak ada penelitian yang bisa menjustifikasi hal itu. Partisipasi pemilih banyak yang memengaruhi, jadi bukan saja kampanye Akbar. Jadi, korelasi peniadaan kampanye Akbar dengan tingkat partisipasi pemilih,” ujar Nurmal Idrus.

 

Reporter: Diko Rahmad

Facebook Comments

BACA JUGA:  Pilkada Pessel 2020, Burhanuddin Mendaftar ke PPP
loading...