Jika Kualitas Udara Terus Memburuk, Pemkab Pessel Akan Liburkan Sekolah

20
PAINAN–Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan akan meliburkan seluruh sekolah di daerah itu, jika kwalitas udara di daerah berjuluk negeri sejuta pesona tersebut terus memburuk akibat kabut asap.
“Ini sebagai langkah antisipasi terkait kabut asap ini. Besok sekolah bakal kami liburkan sementara. Kalau tidak Rabu kemungkinan Kamis,” kata Bupati didampingi Sekda Pessel Erizon, Senin (23/9).
Ia mengatakan, kebijakan untuk meliburkan sekolah berdasarkan keputusan bersama yang melibatkan dinas terkait dan pihak sekolah.
“Hal ini juga melihat kondisi cuaca yang diselimuti kabut asap dan tidak sehat lagi. Jadi, sekolah bakal kami liburkan untuk sementara,” ujarnya.
Menurut dia, jika seandainya kondisi cuaca sudah mulai membaik atau turun hujan, maka seluruh peserta didik akan diberitahukan untuk masuk kembali.
“Namun, para guru kami minta untuk memberikan tugas belajar pada siswa agar mereka tidak main-main selama liburan,” tuturnya.
Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sumatra Barat pada 12 September 2019 sudah mengeluarkan surat edaran agar menghentikan kegiatan di luar ruangan bagi siswa di seluruh Sumbar.
Surat yang ditandatangani Wakil Gubernur Nasrul Abit itu keluar karena kondisi udara di Sumbar semakin memburuk akibat asap kiriman dari daerah tetangga seperti Riau dan Jambi.
Himbauan tersebut ditanggapi Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui kebijakan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan pada 17-19 September. Kemudian akibat kondisi udara yang belum membaik, siswa PAUD hingga SMA kembali diliburkan hingga, Sabtu (21/9/2019).
Setelah Dharmasraya, diketahui dua daerah lainnya berbarengan mengeluarkan kebijakan untuk meliburkan siswanya yakni, Kabupaten Sawahlunto dan Sijunjung pada 20-21 September 2019 dengan alasan sama, yakni kabut asap.
Reporter: OKIS ROCKIN
Editor: MALIN MARAJO
BACA JUGA:  Plt Ketua DPD PAN Pessel Dipolisikan Mantan Anggota DPRD
Loading...
loading...