Jelang Pilkada 2020, Parpol di Sijunjung Mulai Jajaki Koalisi

315
SIJUNJUNG—Suhu politik menjelang Pilkada serentak 2020 mendatang di Kabupaten Sijunjung mulai menghangat. Sejumlah partai politik (parpol) mulai melakukan penjajakan koalisi untuk menyambut pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar tersebut.
Diantaranya Tiga partai politik (parpol) di Kabupaten Sijunjung yang berencana mengusung paket koalisi calon bupati dan wakilnya yakni Partai Nasdem, PPP dan PKB.
Koalisi ketiga partai tersebut berpeluang besar dengan kursi di DPRD Sijunjung yang saat ini diduduki seperti Partai Nasional Demokrat (Nasdem)  sebanyak 3 kursi, PPP 3 kursi dan PKB 3 kursi, sehingga berhak untuk mengusung calon kepala daerah (Cakada) pada Pilkada Kabupaten Sijunjung tahun 2020 mendatang.
Koalisi tiga parpol tersebut juga telah membidik beberapa nama-nama yang akan diusung untuk maju di Pilkada 2020. Namun, secara detail masih enggan membuka identitas kandidat.
Ketua DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Sijunjung Hadiatullah Montella mengatakan bahwa komunikasi antar ketiga parpol yang sebelumnya sudah membentuk kaukus itu semakin intens dan ternyata memiliki visi yang sama yaitu menginginkan adanya perubahan Kabupaten Sijunjung harus lebih baik.
“Karena itu masing-masing parpol memiliki slogan masing-masing. Namun, intinya sama yakni adanya perubahan terhadap nasib rakyat Kabupaten Sijunjung,” katanya saat menggelar pertemuan dengan Ketua Partai PPP Alpian Kasir dan Ketua DPC PKB Sijunjung Nofrialdi Zulka, Senin (23/9) di kantor DPC PPP Sijunjung.
Dirinya juga memberikan gambaran mengenai kriteria calon yang hendak diusung yaitu dari kalangan politisi dan Kader Nasdem itu sendiri seperti H. Endre Syaifoel atau yang akrab disapa Haji Wen yang merupakan mantan Anggota DPR-RI periode 2014-2019 yang sudah berpengalaman di pusat. Haji Wen tentu juga punya banyak jaringan dan pendampingnya bisa jadi dari partai PPP atau PKB, bahkan bisa jadi Paslon berdasarkan hasil kesepakatan ketiga partai yang akan berkoalisi di Pilkada serentak 2020 mendatang.
Menurut Hadiatullah, Koalisi Nasdem dengan PPP dan PKB tersebut memang terbuka lebar tidak menutup kemungkinan calon yang diusung merupakan kader dari luar partai koalisi ini, dengan adanya koalisi lintas partai.  Kolaborasi tersebut akan ada keseimbangan dalam menjalankan roda pemerintahan dan untuk calon yang akan diusung jelas serta bagus kredibilitasnya di masyarakat dan memiliki komiten untuk membangun Kabupaten Sijunjung ke arah yang lebih baik. “Jadi kita dengar keinginan dan suara serta kehendak masyarakat Kabupaten Sijunjung siapa calon yang berhak untuk kita usung nantinya,“ ujar Hadiatullah.
Diakui, partai Nasdem Sijunjung memang tidak bisa mengusung sendiri dan sebagai langkah awal untuk dapat mengusung calon dalam Pilkada ditempuh lewat koalisi. “Kami tahu diri, hanya meraih 3 kursi saja, tentu kami harus berkolisi dengan parpol lainya seperti PPP dan PKB,” jelas politisi asal Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan tersebut.
Sementara itu, Ketua DPC PPP Sijunjung Alpian Kasir didampingi Ketua DPC PKB Sijunjung Nofrialdi Zulka menyambut baik penjajakan koalisi tersebut. Menurutnya, dalam hajatan Pilkada, arah koalisi lintas partai memang terbuka lebar dengan gabungan tiga parpol sudah bisa mengusung calon. “Kita sambut baik, ini bagian dari ikhtiar politik untuk Sijunjung yang lebih baik. Soal mendampingi atau tidak, kami rasa tidak kekurangan tokoh, kader yang mumpuni,” kata Alpian.
Senada dengan Alpian Kasir, Ketua DPC PKB Sijunjung Nofriadi Zulka menambahkan jika semua kemungkinan bisa saja terjadi, pihaknya juga telah memetakan beberapa calon yang diusung. Menurutnya, ini merupakan langkah awal yang baik dari Partai Nasdem, dan diharapkan dapat terjalin lebih konkrit untuk bekerjasama dan sama-sama bekerja dalam memajukan Sijunjung. “Kita lihat saja nanti, dinamika politik akan berlangsung dinamis hingga batas akhir pendaftaran pasangan calon,” tambahnya.
Reporter: OGAI
Editor: MALIN MARAJO

Facebook Comments

BACA JUGA:  Resmikan Lakitan Mart, Bupati Hendrajoni Ajak Perantau Buka Usaha di Pesisir Selatan
loading...