Beranda Agama Jelang Idul Adha, Petugas Qurban di Solsel Diberikan Penyuluhan

Jelang Idul Adha, Petugas Qurban di Solsel Diberikan Penyuluhan

Solsel
Suasana penyuluhan bagi petugas qurban di Solsel menyongsong pelaksanaan ibadah qurban hario raya Idul Adha

Beritanda1 –  Jelang Idul Adha 1442 H, petugas qurban di kabupaten Solok Selatan ( Solsel ) diberikan sosialisasi dan pengetahuan tentang memotong hewan qurban dengan baik, benar, dan halal.

Hal itu dilakukan agar warga Kabupaten Solsel mendapatkan daging kurban dengan hukum Islam dan menghasilkan daging yang Aman, Sehat, Utuh, Halal (ASUH).

Demikian disampaikan  Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Kabupaten Solsel, Arius Mora, didampingi Kasi Kesehatan Hewan yang juga pengawas veteriner kabupaten Solsel, drh Syerlly Oktarini, baru-baru ini di Padang Aro.

Arius Mora menambahkan, sosialisasi juga dilakukan terkait pemotongan hewan kurban yang meliputi kesehatan hewan kurban untuk menjamin hewan kurban bebas penyakit zoonosis serta proses penyembelihan hewan kurban untuk menjamin pemenuhan syariat Islam dan kesejahteraan hewan.

“Selain itu, untuk menyempurnakan ibadah kurban, maka semua yang berkaitan dengan kurban termasuk tata cara menyembelih hewan qurban, harus mengikuti proses yang sesuai dengan hukum Islam, ” jelas Mora.

Senada, Ketua MUI Solsel, Syarkawi Azis, mengharapkan agar petugas betul-betul melakukan penyembelihan hewan qurban sesuai dengan tuntunan syariat Islam.

“Sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu‘alaihi Wa Salam. Seperti, tuntunlah hewan kurban ke tempat penyembelihan dengan baik dan tidak kasar. Hal ini penting untuk diketahui, agar hewan yang disembelih nantinya benar-benar diketahui secara pasti kehalalannya,” paparnya.

Turut memberikan materi Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Rina Oktviola, serta pengawas veteriner yang juga auditor pada Dinas Peternakan dan Kesehatan hewan Provinsi Sumatera Barat drh.Afri Murwesri.

Reporter: Ismardi / Relis 

BACA JUGA:  Pessel Pacu Daerah Transmigrasi Sebagai Sentra Ekonomi Baru