Jambi Bergabung, Pessel Mantapkan Persiapan TdS 2019

Para pebalab TdS tengah berpacu mencapai garis finish (Internet)

PAINAN – Helat akbar bidang pariwisata bernuansa olahraga datang lagi. Dihidangkan dalam arena balap sepeda Internasional Tour de Singkarak (TdS) pada November 2019 mendatang, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menyambut gembira. Apalagi dengan dilibatkannya Provinsi Jambi pada even tahunan itu, ,menbuat aroma TdS akan semakin menarik minat pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Kadis Parpora)  Hadi Susilo menuturkan, rute etape Tour de Singkarak (TdS) 2019 bakal melalui dua provinsi yakni Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi. “Bergabungnya Jambi pada TdS 2019 ini, bakal memberikan suasana baru bagi pebalap internasional nantinya,” ujarnya pada wartawan di Painan, Jumat (5/7).

Untuk diketahui, dua daerah di Provinsi Jambi dipastikan masuk dua etape Tour de Singkarak (TdS) 2019. Hanya saja, terdapat perubahan dari rencana sebelumnya, pebalap tidak melintasi perbatasan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat – Kota Sungai Penuh, Jambi.

Batalnya star dari Solok Selatan, berdasarkan evaluasi jalur perbatasan yang sepi penonton serta kurangnya daya tampung penginapan di Muaro Labuah, ibukota Kabupaten Solok Selatan untuk seluruh pebalap.

“Kami terus berupaya agar pelaksanaan even tahunan ini berjalan maksimal di Pessel. Sebab, upaya dan penyegaran rute ini perlu dilakukan agar para pebalap sepeda dunia lebih banyak lagi peminatnya,” ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, untuk kesiapan daerah pada Etape VIII Sungai Penuh-Pesisir Selatan dan Etape IX Pesisir Selatan-Padang, pihaknya sudah melakukan perencanaan sebaik mungkin mulai dari kesiapan jalur yang bakal dilewati pebalap maupun dari segi anggaran.

“Tahun ini, kami ada penambahan anggaran pada APBD perubahan sekitar Rp1 miliar. Untuk rute dari utara hingga selatan, Insya Allah sudah dalam kondisi baik,” ujarnya.

BACA JUGA:  Dibuka Bupati Solok, Pameran Nagari Surian Berlangsung Meriah

Reporter    : Okis Rockin

Editor        : Malin Marajo

Facebook Comments

loading...