Jamaris Dilantik Sebagai PAW Anggota DPRD Kabupaten Solok Sisa Jabatan 2019-2024

352
PAW
Ketua DPrD Kab Solok Jon Firman Pandu serahkan SK pengangkatan Jamaris sebagai PAW sisa jabatan 2019-2024, Rabu (20/5)

Beritanda1Lama menanti pasca meninggalnya Surimariadi, Anggota DPRD Kabupaten Sokok dari partai PDI Perjuangan, Jamaris, akhirnya dilantik juga sebagai anggota Pengganti Antar Waktu (PAW) periode 2019-2024.

Pelantikan dan pengambilan sumpah Jamaris sebagai PAW sisa jabatan 2019-2024 itu, berlangsung dalam rapat Paripurna DPRD Kabupaten Solok yang dipimpin ketua Jon Firman Pandu, didampingi Wakil Ketua DPRD Renaldo Gusmal dan Lucki Efendi, Rabu (20/5) di Arosuka.

Ikut menghadiri prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah anggota PAW tersebut Bupati Solok H.Gusmal, Ketua TP PKK Ny.Desnadefi Gusmal, Sekda Aswirman dan sejumlah Kepala SKPD di daerah itu.

Lantik
Ketua DPRD Jon Firman Pandu mengambil sumpah jabatan Jamaris sebagai anggota Pengganti Antar Waktu sisa jabatan 2019-2024, Rabu (20/5)

Mengawali pelantikan, Ketua DPRD Kabupaten Solok Jon Firman Pandu menyampaikan, karena salah seorang anggota DPRD Kab Solok masa bhakti 2019-2024 ada yang meninggal dunia, yakni saudara Surimariadi, selaku pimpinan DPRD telah meminta ke KPU dan kepengurus dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDI-P) Kabupaten Solok tentang siapa yang memenuhi syarat menurut aturan yang berlaku untuk diusulkan sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) sisa jabatan 2019-2024.

” Sebagai jawaban, PDI-P mengirim nama Jamaris. Seterusnya kami usulkan ke Gubernur Sumatera Barat melalui Bupati Solok, hingga hari ini kita resmikan pengangkatanya sebagai anggota DPRD pengganti antar waktu sisa jabatan 2019-2024,” terang Jon Firman Pandu.

Menyambut itu, Bupati Solok H. Gusmal disamping mengucapkan selamat kepada saudara Jamaris yang telah diamanahkan sebagai pengganti antar waktu anggota DPRD periode tahun 2019-2024 dari PDI-P, sekaligus menyampaikan dukungan dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai anggota DPRD Kabupaten Solok,  yang secara bersama-sama dengan anggota DPRD lainya memperjuangkan aspirasi masyarakat dalam membangun dan mensukseskan kesejahteraan Kabupaten Solok.

BACA JUGA:  KPU Pasaman Tetapkan 35 Anggota DPRD  Periode 2019-2024

Dikatakan, sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku, bahwa fungsi dari DPRD adalah dalam pembentukan peraturan daerah,fungsi anggaran dan fungsi pengawasan. Dan dalam melaksanakan fungsi tersebut,  DPRD menjaring aspirasi dari masyarakat.

PIN
Pemasangan PIN tanda jabatan kepada Jamaris sebagai anggota DPRD Kab Solok

Untuk dapat mewujudkan fungsi-fungsi tersebut secara maksimal, papar Gusmal, dibutuhkan upaya yang sungguh-sungguh yang berpihak kepada kepentingan masyarakat

Seperti halnya dalam pelaksanaan fungsi pembentukan peraturan daerah bersama pemerintah daerah, menyetujui atau tidak menyetujui sebuah rancangan peraturan daerah, mengusulkan rancangan peraturan daerah serta menyusun program pembentukan peraturan daerah bersama pemerintah daerah.

Demikian juga dalam melaksanakan fungsi anggaran, yang dilaksanakan dalam format pembahasan KUA dan PPAS yang diusulkan oleh pemerintah daerah berdasarkan RKPD, muatan Ranperda tentang APBD, Perubahaan APBD serta pertanggungjawaban pelaksanaan.

Sedangkan dalam melaksanakan fungsi pengawasan, ulas Bupati Solok, diwujudkan dalam bentuk pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan daerah dan peraturan perundang- undangan terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan

Pada kesempatan, mengingat  datangnya hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah, Gusmal serta merta mengucapkan selamat hari raya idul fitri dan maaf lahir dan bathin.

” Ditengah pandemi covid-19 ini,  saya menghimbau kepada kita semua untuk melaksanakan Hari Raya idul fitri dengan penuh kesederhanaan dan tetap mematuhi anjuran  pemerintah untuk tetap dirumah dan memetuhi peraturan PSBB yang masih berjalan sampai dengan 29 Mei 2020,” ingat Bupati Solok.

Reporter: Wezi Rismanto

Editor     : Melatisan

 

Facebook Comments

loading...