Jadikan Objek Rekreasi, Bibit Ikan Dilepas di Belakang Gelora Tuanku Imam Bonjol Pasaman

11

LUBUK SIKAPING – Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis lepaskan ribuan bibit ikan garing di kawasan perairan belakang Gelora Tuanku Imam Bonjol, Kecamatan Lubuksikaping, Selasa (8/10) siang.

Pelepasan bibit ikan tersebut dilakukan guna mewujudkan program pusat wisata dan tempat bermain bagi masyarakat di daerah itu.

Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis mengatakan, awalnya kondisi sekitar lokasi aliran air dibelakang Gelora ini tidak tertata dengan baik. Namun karena adanya ide dari warga setempat, ditambah dukungan dari pihak nagari makanya lokosi ini sekarang dijadikan sebagai tempat wisata, serta lokasi bermain bagi anak-anak.

Bupati Pasaman meminta kepada masyarakat dan wali nagari Tanjung Beringin Utara, agar bibit ikan Garing yang di lepas betul betul dapat di kembangkan sebagai tempat wisata bagi masyarakat Lubuksikaping, apalagi lokasinya berada di sekitar area belakang Gerola Tuanku Imam Bonjol.

Yusuf Lubis mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan wali nagari yang telah mempunyai inovasi dalam rangka memberdayakan lingkungan perairan untuk mengembangkan perikan darat khususnya di Lubuksikaping dan sekitarnya.

“Kami sangat mengapresiasi atas gagasan masyarakat dan walinagari yang telah menyulap lokasi aliran air di belakang Gelora ini, sehingga kini bisa menjadi lokasi wisata dan tempat bermain bagi anak,” katanya.

Semula kita dapat informasi dari Walinagari bahwa, ikan yang dilepas dikawasan aliran air di belakang Gelora ini hanya hitungan kilo. Namun, karena potensinya bagus, kemudian ikan tersebut ditambah sehingga sekarang sudah banyak pula warga yang berkunjung dan bermain ke daerah ini.

BACA JUGA:  Salut, Hiu Tutul yang Mati Terdampar di Perairan Pessel di Kafani Warga

Makanya, untuk menunjang lokasi wisata di daerah ini, tahap awal Pemkab Pasaman melepaskan benih ikan terlebih dahulu sebanyak 10.000 ekor ikan garing. “Kedepan, lokasi ini juga akan kita benahi, oleh instansi terkait sehingga lokasi ini benar- benar indah dan bermanfaat sehingga kedepan lokasi ini menjadi pusat wisata dan tempat bermain bagi anak-anak di daerah in,” ucap Bupati.

Kemudian, orang nomor satu di daerah itu juga berharap, agar bangunan di bawah tribun Gelora ini kedepan hendaknya dimanfaatkan warga untuk berjualan baik makanan, minuman bagi pengunjungnya, dan sehingga lokasi ini juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di daerah ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Pasaman, M Dwi Richie berharap agar ikan yang baru saja ditebar dapat hidup dan berkembang sehingga kedepan dapat menjadi lokasi wisata dan tempat bermain bagi anak di daerah ini.

Sebelumnya, Wali Nagari Tanjung Beringin Utara, Syahrial SH menjelaskan kegiatan penebaran bibit benih ikan Garing ini merupakan kegiatan menyambut hari jadi Kabupaten Pasaman ke-74 tahun 2019.

“Selama ini, lokasi ini kurang termanfaatkan untuk peningkatan ekonomi dan wisata. Namun beberapa waktu belakangan timbul inisiatif masyarakat unruk melwpaakan bibit ikan. Menyikapi hal itu, kita pun dari nagari langsung menindaklanjuti dan berkoordinasi dengan Pemkab Pasaman melalui Dinas Perikanan. Dan hari ini, resmi di lepas sebanyak 1000 ekor bibit ikan garing di perairan ini,” jelas Syahrial.

Pantauan Beritanda1 dilapangan, usai menebar benih ikan, Bupati mengajak jajaranya bersama Kadis Perikanan, Walinagari dan warga setempat untuk mengabadikan momen dinsalah satu pondok yang dibuat oleh warga sebagai tempat bersantai bagi pengunjung yang datang ke daerah itu.

Turut hadir dalam penebaran benih ikan tersebut, unsur Forkopimda Pasaman, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Camat,
Walinagari, Kepala Jorong, Tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

BACA JUGA:  Waduh...Rem Blong, Truk CPO Terjun ke Jurang

Reporter : MA
Editor     : Melatisan

Loading...
loading...