Jadi Wadah Komunikasi, Forum BPRN Basko Dibentuk

BPRN Basko
Masnaidi B Ketua Forum BPRN Basko (Batipuh, Batipuh Selatan dan X Koto)

Beritanda1 – Batipuah Sapuluah Koto (Basko)yang terdiri dari 21 nagari memiliki kepengurusan BPRN di semua nagari. BPRN  atau Badan Perwakilan Rakyat nagari  ini sebagai lembaga perwakilan masyarakat di tingkat nagari berfungsi sebagai legislasi, budgetting dan pengawasan jalan pemerintahan.

 

Peran yang begitu penting tersebut diisi oleh perwakilan masyarakat yang terdiri dari tokoh-tokoh di dalam nagari tersebut yang mewakili jorong masing-masing.

Jumlah anggota BPRN ditingkat nagari tergantung jumlah penduduk nagari mulai dari 5,7 atau 9 orang. Dikalkulasikan utk Batipuh, Batipuh Selatan dan Sepuluh Koto mencapai 150 orang anggota BPRN.

Untuk itu perlu dibentuk forum yang mewadahi dan menjembatani komunikasi antar BPRN nagari. Sebagai satu daerah yang memiliki kesamaan sosilogis, budaya dan hubungan kekerabatan maka terbentuk satu Forum BPRN Batipuh, Batipuh Selatan dan Basko Kabupaten Tanah Datar. (Forum Basko) pada hari Jumat lalu tanggal 18 September 2020 melalui pemilihan secara musyawarah mufakat di Padang Panjang.

Musyawarah sudah dilakukan 3 kali pertemuan dan pada pertemuan terakhir disepakati memilih pengurus Forum yakni Dewan Penasehat Mirza Zainil (Ketua BPRN Koto Laweh), Suhasmi (Ketua BPRN Padang Laweh Malalo) dan Ardindas Katik Sati (BPRN Batipuh Baruh)

Selanjutnya Ketua di jabat oleh Masnaidi. B, S. Kom, M.A.P (Ketua BPRN Guguk Malalo), Wakil Ketua Yulva DT Bagindo Malano, Sekretaris A. DT Mustapa  (Ketua BPRN Batipuh Ateh) Bendahara Sukniyadi ( Ketua BPRN Batu Taba) serta anggota seluruh anggota BPRN Batipuh, Batipuh Selatan dan Sepuluh Koto.

Pengurus forum ini akan segera melaksanakan konsolidasi internal untk melakukan penguatan lembaga BPRN dalam mendorong kelancaran pelaksanaan tupoksi BPRN.

Reporter: RAJOALAM

Facebook Comments

BACA JUGA:  Bawaslu Ingatkan ASN di Pesisir Selatan Jaga Netralitas Pada Pilkada 2020
loading...