Irzal Ilyas Tampung Aspirasi Masyarakat Melalui Reses di Kota Solok

Aspirasi
Anggota DPRD Sumbar Irzal Ilyas menjawab aspirasi masyarakat saat melakukan reses di dapil Tanah Garam Kota Solok

Beritanda1 –Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat, H Irzal Ilyas dt Lawik Basa menyerap aspirasi masyarakat saat menggelar reses di Kelurahan Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok, Jumat 3 Juli 2020.

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Solok,Yutris Can,SE dan Anggota DPRD Kota Solok Deni Nofri Pudung.

Irzal Ilyas dalam sambutan menjelaskan Reses merupakan salah satu agenda wajib DPRD diluar sidang yang bertujuan untuk menyerap aspirasi serta keluh kesah warga dan juga sebagai ajang silaturahmi.

Pelaksanaan Reses ini juga untuk mengawal program pemerintah di daerah pemilihan (Dapil) masing-masing serta mendorong percepatan peningkatan kesejahteraan rakyat. ” Reses ini akan kami manfaatkan dengan baik untuk bertemu dan menyerap aspirasi masyarakat. Semua usulan reses akan kami tampung dan diwujudkan sebagai bentuk respon atas kebutuhan urgen masyarakat,” Ujar Irzal Ilyas.

Politisi Demokrat itu menambahkan, reses adalah komunikasi dua arah antara legislatif dengan konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala. Hal ini merupakan kewajiban anggota DPRD untuk bertemu dengan konstituennya secara rutin pada setiap masa reses.

Adapun aspirasi masyarakat yang terhimpun yakni antara lain mengenai pembangunan infrastruktur di wilayah Kelurahan Tanah Garam, terutama dalam pembangunan tempat sarana interaksi warga dan sarana olah raga. Selain itu, masyarakat juga mengusulkan beberapa alat pertanian seperti hand traktor serta bantuan ternak dan pembangunan embung di Payo.

“Insya Allah saya tidak janji, tapi saya akan kawal dan kita berdoa semua mudah-mudahan aspirasi masyarakat cepat dilaksanakan,” kata mantan Wali kota Solok ini.

Aspirasi
Dalam reses tersebut, ketua DPRD Kota Solok Yutris Can turut memberikan jawaban terhadap aspirasi yang berkembang di tengah masyarakat

Ketua DPRD Kota Solok,Yutris Can,SE mengatakan,ucapan terima kasih kepada Anggota DPRD Provinsi yang telah melakukan kegiatan Reses di wilayah Kota Solok.kita bersyukur pada periode sekarang Kota Solok sudah memiliki perwakilan di DPRD Provinsi Sumatera Barat sebanyak Dua orang.

BACA JUGA:  Pengerjaan Jembatan Pulai  Ditinjau Bupati Bersama Ketua DPRD Dharmasraya

Sebagaimana dijelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat  guna memberikan pertanggungjawaban secara moral dan politis, yang selanjutnya akan disampaikan dalam sidang dewan dan akan diteruskan pelaksanaanya kepada pihak eksekutif.

“Jadi kepada bapak ibu yang telah menyampaikan aspirasi ke anggota DPRD ke daerah pemilihan masing-masing,selanjutnya akan disampaikan dalam sidang dewan dan diteruskan pelaksanaannya kepada pihak eksekutif,” kata Yutris Can.

Aspirasi reses
Anggota DPRD Sumbar didampingi ketua DPRD Kota Solok Yutris Can berdialog dengan masyarakat

Menurutnya, di alam demokrasi ini masyarakat bebas menyampaikan aspirasi. Dalam hal ini, aspirasi bisa disampaikan lewat Lurah atau Camat setempat, jika masalah atau aspirasinya lebih besar dan waktunya lebih luang, bisa lewat tokoh politisnya sebagaimana yang di sampaikan oleh Bapak Irzal Ilyas.

“Semoga keinginan dari warga dapat terealisasi, akan tetapi masyarakat yang menyampaikan aspirasinya agar mengerti mana yang bisa cepat direalisasikan mana yang harus melewati beberapa proses,” paparnya.

Yutris Can menjelaskan, terkait dengan lampu jalan yang belum ada akan kami coba mengusulkan sesegera mungkin ke Pemko Solok untuk di tindak lanjuti.

Sedangkan menanggapi aspirasi masyarakat tentang sarana olah raga, saat ini telah di mulai pengerjaannya walaupun baru tahap pembukaan lahan yang bertempat di Daerah Sawah Rimbo Kelurahan Tanah Garam.

Aspirasi
suasana reses anggota DPRD Sumbar Irzal Ilyas di Tanah Garam Kota Solok

Sementara GOR yang representatif juga telah mulai dibangun di Kelurahan Laiang. Namun pembangunan tersebut mustahil bisa terlaksana hanya menggunakan anggaran APBD Kota Solok saja. Kantaran itu, melalui perwakilan di Provinsi mudah – mudahan ada anggaran untuk penyelesaiannya.

“Untuk pembangunan embung di kawasan Payo,  sebelumnya pernah dianggarkan. Namun terkendala persoalan pembebasan lahan oleh masyarakat, insya Allah nanti akan kita coba lagi untuk mencarikan solusinya,” jelasnya.

Reporter: Wahyu Haryadi

BACA JUGA:  Gandeng TNI, Polres Solok Gelar Aksi Sosial Bersihkan Pasar Nagari Guguk

Editor: Malin Marajo

Facebook Comments

loading...