Idul Adha 1440 H, 6215 Hewan Qurban Disembelih di Kab. Solok

44
Penyembelihan hewan qurban di Lubuk Agung Nagari kotobaru Kec. Kubung, Minggu (11/8) MALIN MARAJO

AROSUKA—Sebanyak 6215 ekor hewan qurban disembelih pada hari raya idul adha 1440 H ini di kabupaten Solok. Jumlah ini mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya berjumlah 3000 ekor.

Selain diselenggarakan oleh jama’ah mesjid dan musolla, kurban tersebut juga dilaksanakan oleh instansi pemerintahan dan sekolah. “Semuanya tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Solok. Itu baru data sementara yang kami terima pada sore kemaren, kemungkinan masih ada penambahan,”kata Kakan Kemenag Kab. Solok Drs. H. Alizar MA di Solok, Minggu (11/8).

Pihaknya mengapresiasi semangat kaum muslimin yang begitu antusias melaksanakan ibadah kurban sesuai tuntunan syari’at Islam. Karena dari pengamatannya, jumlah kurban di daerah itu selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. “Kita bangga dengan semangat kaum muslimin yang ikut berkurban. Bahkan jumlahnya dari tahun ke tahun selalu meningkat,” ujar Alizar.

Peningkatan jumlah qurban juga terjadi di nagari Koto Baru Kec. Kubung. Di Nagari berpenduduk terpadat di Kabupaten Solok itu, menyembelih sebanyak 223 ekor, terdiri dari 206 ekor sapi 17 ekor kambing tahun ini. Jumlah terbanyak tersebar di Jorong Subarang yaitu 48 ekor sapi 8 ekor kambing.

Berikutnya Jorong Simpang Sawah Baliak sebanyak 30 ekor sapi 4 ekor kambing, Jorong Bukit Kili 31 ekor sapi, Jorong Kajai 30 ekor sapi, Jorong Perwakilan Batu Kubung 15 ekor sapi.

Sementara di jorong Simpang sebanyak 16 ekor sapi, JORONG Bawah Duku 22 ekor sapi 5 ekor kambing dan jorong Lubuk Aguang 14 ekor sapi  “jumlah hewan qurban Nagari Koto Baru bertambah 7 ekor sapi dan 7 ekor kambing tahun ini, dibandingkan tahun lalu,” kata Wali Nagari Kotobaru Afrizal Khaidir.

Reporter: Malin Marajo

BACA JUGA:  Kolaborasi LKKS Sumbar dan Indojalito, 200 Anak di 5 Kabupaten/Kota Akan Dikhitan

 

Loading...
loading...