Beranda Daerah Hj.Nurnisma, SH Dilantik Sebagai Ketua DPRD Kota Solok

Hj.Nurnisma, SH Dilantik Sebagai Ketua DPRD Kota Solok

Nurnisma
Pimpinan sidang Bayu Kharisma menyerahkan palu jabatan kepada Hj. Nurnisma sebagai tanda penyerahan jabatan ketua DPRD Kota Solok sisa masa jabatan 2019-2024

Beritanda1 – Menjawab teka-teki tentang siapa yang akan menduduki jabatan ketua DPRD Kota Solok selepas ditinggal Yutris Can yang maju pada Pilkada tahun 2020, pada Senin (15 Februari 2021), tokoh perempuan dari  Partai Golkar Hj.Nurnisma,SH Dilantik sebagai Ketua DPRD Kota Solok sisa masa jabatan 2019-2024. 

 

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ketua DPRD Kota Solok sisa masa jabatan 2019-2024 itu, dipimpin  Ketua Pegadilan Negeri Solok, Nofrida Dian Sari,SH dihadapan sidang Parpipurna yang juga dihadiri Walikota Solok,Wakil Walikota,Ketua Pengadilan Negeri,Kajari Solok, Kapolresta Solok,Dandim 0309 Solok.

Pimpinan Sidang  Bayu Kharisma didampngi  Wakil Ketua Efriyon Coneng menyampaikan soal  tugas dan fungsi DPRD sebagai mana di atur dalam pasal 149 undang-undang nomor 23 tahun 2014 yaitu fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan.

Fungsi legislasi ini berupa membentuk peraturan daerah bersama Kepala Daerah, melakukan pembahasan terhadap Rancangan Peraturan Daerah yang diajukan oleh Kepala Daerah, serta memberikan pendapat, pertimbangan serta persetujuan terhadap rancangan kerjasama antara Pemerintah Daerah lain maupun perjanjian internasional yang membebani masyarakat dan Daerah.

Kemudian fungsi anggaran yang dilakukan adalah membahas RAPBD yang di ajukan oleh Pemerintah Daerah. adapun pengawasan yang dilakukan diwujudkan dalam mengawasi pelaksanaan Peraturan Daerah dan APBD.

Nurnisma
Hj. Nurnisma Diambil Sumpah Jabatannya Sebagai Ketua Dprd Kota Solok

ketentuan mengenai tata cara pelaksanaan tugas dan wewenang DPRD ini, kata dia, telah tertuang dalam suatu Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Solok Nomor 1 tahun 2019 tentang tata tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Solok.

Sehubungan dengan terjadinya pemberhentian pimpinan DPRD terhadap Sdr. Yutris Can, SE mengundurkan diri sebagai anggota DPRD Kota Solok karena mengikuti pilkada tahun 2020, maka sesuai dengan ketentuan yang berlaku telah dilakukan proses pemberhentian dengan keluarnya Keputusan Gubernur Provinsi Sumatera Barat Nomor 171-100-2021 tentang peresmian pengangkatan Pimpinan DPRD Kota Solok.

BACA JUGA:  Terobosan Bupati Dharmasraya, Seluruh Anak Difasilitasi Dokumen Kependudukan

“ Atas nama lembaga DPRD Kota Solok, kita mengucapkan selamat atas pengangkatan saudari Hj.Nurnisma,SH sebagai Ketua DPRD Kota Solok sisa masa jabatan 2019-2024, semoga dapat menjalankan amanah sebagai Ketua DPRD Kota Solok,” papar Bayu Kharisma.

Jabatan
Pimpinan Sidang Bayu Kharisma Menyerahkan Palu Jabatan Kepada Hj. Nurnisma Sebagai Tanda Penyerahan Jabatan Ketua Dprd Kota Solok Sisa Masa Jabatan 2019-2024

Terhadap itu, Hj.Nurnisma menyatakan siap untuk mengemban jabatan barunya. Ia mengatakan akan melanjutkan tugas serta kebijakan ketua DPRD sebelumnya

” Kita berharap  DPRD Kota Solok jauh lebih baik. Tentunya hal itu tak lepas dari kerjasama dan dukungan seluruh pihak, baik secara internal maupun eksternal, sehingga kita bisa mewudkan pambangunan dan pelayanan yang jauh lebih baik untuk masyarakat Kota Solok,” kata politisi Partai Golkar ini.

Reporter: Wahyu Haryadi

Artikel sebelumyaMayat Warga Palembayan Agam Ditemukan Tergantung di Solok
Artikel berikutnyaJabatan Irfendi Arbi Berakhir, Sekda Widya Putra Ditunjuk Sebagai PLH Bupati Limapuluh Kota