Hendrajoni: Tambang Emas di Proyek PT.Dempo Hanya Isu

Bupati Pessel Hendrajoni saat menjawab pertanyaan wartawan di lokasi pembangunan PLTMH PT Dempo Sumber Energi

PESISIR SELATAN – Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, memastikan tidak ada tambang emas apalagi uranium di lokasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) PT Dempo Sumber Energi di Nagari Pelangai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir. Kepastian itu ditegaskan usai meninjau lokasi itu bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah kepala OPD setempat , Selasa (24/12).

“Dari hasil kunjungan kami bersama rombongan, tidak ada tambang emas apalagi uranium. Jadi, isu itu tidak benar,” kata Hendrajoni pada wartawan di lokasi.

Menurutnya, pengerjaan yang dilakukan PT Dempo Sumber Energi saat itu, murni mendirikan PLTMH untuk pasokan listrik yang stabil, sehingga kedepan berdampak baik bagi masyarakat sekitar.

“Pembangunan ini mesti didukung secara bersama-sama. Jangan adalagi isu-isu yang tidak benar. Tidak mungkin ada China yang berkuasa di daerah kita, mereka itu didatangkan sebagai tenaga ahli, kalau sudah habis kontrak kerjanya pasti balik lagi ke daerahnya masing-masing,” ujarnya lagi.

Hendrajoni: Tambang Emas di Proyek PT.Dempo Hanya Isu 1 WhatsApp Image 2019 12 26 at 18.49.38 1

Sementara itu, Koordinator Lapangan (Korlap) PT Dempo Sumber Energi Veri, juga memaparkan sejauh mana progres pembangunan yang direncanakan pihaknya. Menurutnya, pembangunan PLTMH direncanakan berlangsung selama 24 bulan dan saat ini sudah berjalan selama 13 bulan dengan presentase pekerjaan mencapai 42 persen.

“Bahkan, untuk izin pemecah batu (stone crusher) kami sudah mengantonginya dari Pemprov Sumatera Barat termasuk izin galian C,” katanya.

Ia menuturkan, izin khusus dikeluarkan oleh Pemprov Sumbar sepanjang material batu dipergunakan untuk kebutuhan perusahaan sendiri dan tidak boleh diperjual belikan kepada pihak lain.

Hal senada dikatakan Rudi selaku staff urusan tenaga kerja asing (TKA) yang dipekerjakan oleh PT Dempo Sumber Energi. Menurutnya, tenaga asing yang dipekerjakan saat itu sebanyak 14 orang yang keseluruhannya adalah tenaga ahli. Sedangkan sebanyak 170 orangnya adalah tenaga kerja lokal, baik masyarakat setempat maupun dari Padang.

BACA JUGA:  Diikuti KPA dan PPK, Pemkab Solok Sosialisasikan Proses Pengadaan Barang dan Jasa Sesuai Perpres dan Permen PUPR

“Dalam waktu dekat bakal kami angkat 30 orang lagi tenaga lokal. Sementara itu, khusus tenaga kerja asing sudah memiliki dokumen yang lengkap,” ucapnya.

 

Hendrajoni: Tambang Emas di Proyek PT.Dempo Hanya Isu 2 WhatsApp Image 2019 12 26 at 18.49.36

Sebelumnya, peletakan batu pertama pembangunan PTLMH oleh PT Dempo Sumber Energi dilakukan pada Minggu, 5 Agustus 2018 dengan investasi sebesar Rp270 miliar.

Untuk menyokong kegiatan tersebut, rencananya bakal dibangun dua unit mesin pembangkit listrik tenaga air dengan kapasitas masing-masingnya 9,8 megawat dan 3,6 megawat.

Bahkan, pihak PT Dempo mengklaim daya sebesar itu ditergetkan mampu menjangkau setidaknya 4 kecamatan di daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu.

Reporter: OKIS ROCKIN

Editor: MALIN MARAJO

Facebook Comments

loading...