Heboh, Belasan Pecahan Peluru Meriam Kuno Ditemukan di Bonjol Pasaman

Meriam
Penemuan benda seperti peluru meriam Tuanku Imam Bonjol oleh warga

Beritanda1 –Warga Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman dihebohkan dengan ditemukannya benda kuno diduga pecahan peluru meriam. Warga menduga, benda–benda tersebut merupakan pecahan peluru meriam yang digunakan pahlawan nasional Tuanku Imam Bonjol dalam melawan penjajah pada masa perang Paderi.

 

Informasi yang berhasil dirangkum menyebutkan, pecahan diduga peluru meriam tersebut pertama kali ditemukan oleh Zairil (63), warga Pasar Hilia, Nagari Ganggo Hilia, Selasa 7 Juli 2020 sekitar pukul 13.00 WIB.

Saat itu, Zairil hendak menggali lobang untuk pembuatan septic tank di belakang rumahnya. Namun linggisnya terbentur benda keras. Setelah terus menggali, ternyata Zairil menemukan pecahan-pecahan yang diduga peluru meriam.

Kapolsek Bonjol, Iptu Yenni Brando membenarkan penemuan tersebut. Dia bersama anggota Polsek Bonjol telah mendatangi lokasi. Dia memperkirakan seluruh benda yang ditemukan memiliki berat total sekitar 2 ton.

“Kita telah mendatangi lokasi dan telah memberikan laporan ke Kapolres Pasaman. Untuk sementara pecahan peluru meriam tersebut diamankan di Mapolsek Bonjol,” terangnya, Rabu 8 Juli 2020.

Ia menerangkan, dari temuan sebanyak 12 benda seperti peluru tersebut terlihat masih utuh. Sedangkan sekitar 150 lainnya sudah menjadi pecahan atau serpihan. Namun, dia belum bisa memastikan apakah peluru utuh masih aktif.

“Kita belum bisa memastikan, apakah masih aktif. Instruksi Kapolres, untuk sementara benda-benda temuan itu diamankan dulu sampai tim berwenang datang melakukan pemeriksaan,” pungkasnya.

 

Reporter: M. Afrizal

Editor: Malin Marajo

Facebook Comments

BACA JUGA:  Masyarakat Nagari Gantiang Mudiak Selatan Surantih Bakal Dapat Akses Internet
loading...