Hebat, MAS PSA Gratiskan Biaya Pendidikan bagi Hafiz Qur’an

MAS PSA Sulit Air

SULIT AIR—Madrasah Aliyah Swasta Pendidkan Sekolah Agama (MAS PSA) nagari Sulit Air Kec. X Koto Diatas Kab. Solok kembali membuka pendaftaran PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Tahun Pelajaran 2019/2020. Bahkan untuk menarik minat calon siswa, madrasah tersebut memberikan beasiswa gratis bagi para penghafal Al-qur’an.

Bentuk Beasiswa / bantuan pendidikan yang diberikan oleh pihak yayasan kepada calon siswa PSA adalah, pemberian beasiswa Gratis uang Komite Sekolah sampai tamat (lulus) pendikan  bagi yang mempunyai hafalan Al-Quran 5 Juz sampai 30 Juz.

Sementara bagi calon siswa yang memiliki hafalan dibawah 5 Juz akan diberikan bebas uang komite sekolah selama 1 (satu) tahun pendidikan, selain itu bebas uang komite juga diberikan kepada calon siswa yang memperoleh peringkat (ranking) 1 sampai 5 akan dibebaskan uang komite selama 1 (satu) tahun pendidikan, tentunya untuk mendapatkan beasiswa tersebut melalui tahap seleksi.

Ketua Yayasan PSA Sulit Air Drs. Katmi Badri mengatakan, untuk tahun sekarang sistem penerimaan mengalami perubahan yang cukup mengarah kepada prestasi siswa. PSA tidak memakai sistem zonasi yang gencar dilalukan, karena PSA memberikan peluang yang sebesar-besarnya bagi calon siswa untuk mengembangkan ilmu Agama Islam melalui Prestasi dan Skill.

Hal ini disampaikan saat Rapat Yayasan yang dihadiri oleh Ketua Yayasan Drs. Katmi Badri,  kepada Kepala MAS PSA Drs. H. Irdizon, Kepala MTs Drs.H. Harizon,  Ketua Komite Madrasah PSA Nasrizal, S.Ag, M.Pd dan seluruh Majelis Guru

Jalur khusus ini sengaja diberikan dengan harapan siswa yang masuk ke MAS PSA lebih meningkatkan hafalannya dan dapat menjadi penghafal Al-Qur’an yang lebih baik lagi.  “Hal ini juga akan memberikan kesempatan bagi siswa nantinya untuk memasuki dunia Pendidikan yang lebih tinggi lagi (perguruan tinggi), dimana salah satu sarat untuk menerima baesiswa dari perguruan tinggi adalah hafal Al-Qur’an di mulai dari 2 juz sampai 30 Juz,” ujar Katmi, Rabu (3/7).

BACA JUGA:  Antisipasi Narkoba, Puluhan Pelajar SMKN 1 Kotobaru Dharmasraya Jalani Tes Urine

Bagi siswa yang belum memilki kemampuan dalam baca Al-Qur’an, PSA juga memberikan pendidikan yang dinamakan Hifzil Qur’an yang dilakukan setiap minggunya. Bentuk pendidikannya (Hifzil Qur’an) ini adalah Belajar dari awal yakni dimulai dari Iqra’ (Tahfiz, Tahzin, Tajwid, dan Irama).

Sebagai Penunjuang Pendidikan MAS menyediakan Fasilitas Pembelajaran, Seperti Musholla untuk latihan dakwah (Muhadarah, Khatib,Praktek Ibadah dan Hifzil Qur’an), Labor Komputer, Ruang Keterampilan (Ruang Menjahit/Bordir), Lapangan Olah Raga, Ruang belajar (masing-masing kelas sudah memakai infokus), bidang Olah Raga, bidang Beladiri (Kempo), bidang seni  (drumband), Bidang Bela Negara (Pramuka), Bidang Kesehatan (UKS)

Selain dibebaskan uang komite bagi siswa yang memiliki prestasi, PSA juga memberikan keringan berupa  gratis baju olah raga dan gratis baju batik. PSA juga memberikan beasiswa untuk menunjang pendidikan siswa di antaranya beasiswa tidak mampu, beasiswa orang tua asuh, beasiswa dari perantau, dan beasiswa lainnya.

“Ini merupakan wujud dari membatu program pemerintah agar tidak ada lagi anak yang tidak sekolah / Putus sekolah, Pendaftaran ini di bukan mulai dari sekarang  sampai Juli. PSA membuka pendaftaran tahap ke 2 di bulan Agustus, diberikan bagi calon siswa yang tidak diterima di sekolah lain dikarenakan efek zonasi,” tutupnya.

Reporter : Hendrik

Editor : MALIN MARAJO