Hebat, Dua Putra Cupak “Menembus” Dunia

 

AROSUKA – Afdal Zikra Elwirano dan Zulhendri, dua anak muda asal Panyalai nagari Cupak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok “menembus” dunia. Kedua putra terbaik ini dipastikan menjadi delegasi untuk mengikuti Symposium International Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) se Dunia di Malaysia. Kegiatan symposium ke 11 ini diadakan di Universitas Teknologi Malaysia, Johor Bahru, pada  tanggal 10 hingga 14 Juli 2019 ini.

Informasi yang diperoleh dari Zulhendri menyebutkan, Symposium International  ini nantinya akan dihadiri oleh Mantan President Indonesia, B.J Habibie dan Wakil President RI  Jusuf  Kalla. “ Simposium Internasional ini  akan dihadiri  delegasi PPI diseluruh dunia, seperti dari benua Amerika,Eropa, Afrika, Timur Tengah, Asia dan Oseania,” ucap mahasiswa program Pasca sarjana Metode Matematika untuk Ekonomi dan Keuangan di Universitas Paris 1 Panthéon- Sorbonne.

Menurut Zulhendri, kehadiran dirinya di Symposium International PPI di Malaysia dalam kapasitas mewakili PPI Eropa (Prancis). Sedangkan Afdal Zikra Elwirano putra pasangan Eldi Mazhar dan Wira Nofelda ini, saat ini sedang menempuh study di Universitas Internasional of Afrika di Negara Sudan, datang ke Malaysia sebagai wakil dari PPI Afrika.

“Tahun 2017, saya telah mengikuti simposium International ke 9 di Washington DC, Amerika Serikat. Sedangkan tahun 2018 Afdal telah mengikuti Simposium International ke 10 di kota Moscow, Russia,” bebernya.

Dirinya mengaku bersyukur, pada Simposium ke 11 tahun ini yang menjadi tuan rumah nya adalah Malaysia. Kedua putra Panyalai Cupak ini kembali dipertemukan di tempat yang sama, untuk mewakili PPI negara masing-masing. “Kepada masyarakat Cupak, Kami memohon do’anya, semoga semua diberikan kelancaran. Kami akan membawa nama Cupak melambung lebih tinggi ke pentas dunia,” ucapnya.

BACA JUGA:  Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma Apresiasi Kebersamaan Warga Sapta Marga II Tanjung Bonai

Pada  Symposium International PPI dunia tahun ini akan mengangkat tema “Inovasi Berkelanjutan Sebagai Sumbangsih Pemuda Indonesia Untuk Kemandirian Bangsa”.
Symposium ini akan mendiskusikan isu-isu spesifik yang terkait dengan kebijakan riset, Inovasi, dan pendidikan tinggi, tujuan pembangunan berkelanjutan, dan kolaborasi pelajar Indonesia di Dunia.

“Beberapa topik yang di angkat berkaitan dengan peran berbagai sektor seperti pendidikan dan riset, Industri kreatif & Pariwisata, pemerintah daerah serta teknologi dan energi terhadap Inovasi berkelanjutan di Indonesia,” kata Hendri.

 

Editor : MALIN MARAJO

Facebook Comments

loading...