Hebat! Diskumperdag Dharmasraya Gaet Dana APBN Tahun 2019 Untuk Kembangkan Industri Logam

DHARMASRAYA – Sebagai upaya
meningkatkan ekonomi masyarakat, serta mengurangi angka pengangguran, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskumperdag) Kabupaten Dharmasraya kembangkan usaha kerakyatan melalui Industri Kecil Menangah (IKM).

Kepala Diskumperdag Dharmasraya Drs Zubrizal didampingi Kabid Perindustrian Elsi Oktavia. ST, MM, diruang kerjanya Jumat (28/10), menyebutkan, pihaknya tahun 2019 ini berhasil menggaet dana APBN senilai Rp 28 Milyar lebih, melalui Dana Alokasi Kusus (DAK) dari Kementrian Perindustrian untuk pembangunan sentra IKM logam.

Pembangunan sentra IKM logam ini, kata dia, akan menjadi ladang ilmu, serta sumber ekonomi bagi masyarakat Dharmasraya, karena pengelolaan atau pengoperasiannya langsung dilaksanakan oleh masyarakat. “Adapun tenaga teknis, pengoperasian sentra IKM logam kedepannya, akan dihimpun dari 10 IKM binaan Diskumperdag yang menyebar diwilayah Dharmasraya,” terang Zubrizal.

Ia menambahkan, saat ini pembangunan sentra IKM logam sedang berlangsung, meliputi pembangunan Kopel sebanyak 10 unit, Bengkel 2 unit, ditambah dengan bangunan gudang dan pagar. Sedangkan pembangunan infrastruktur menelan dana sekira Rp16 milyar lebih, bengkel sekira Rp 6 Milyar lebih, serta alat kelengkapan sekira Rp 6 Milyar lebih.

Adapun produk yang nanti akan dihasilkan sentra IKM logam meliputi alat pertanian, seperti cangkul, arit, pisau, golok, dodos, dan berbagai alat pertanian lainnya.

Selain itu, juga akan menyediakan perbaikan alat mesin pertanian, seperti Traktor, mesin bajak, mesin perontok gabah, dan berbagai alat mesin pertanian lainnya. Semuanya akan dapat diperbaiki di sentra IKM logam. “Di lokasi sentra IKM logam juga akan mampu membuat Tanki mobil, serta bak truck, serta souvenir khas daerah berbahan logam. Maka dari itu, kita sangat optimis berdirinya Sentra IKM Logam, akan mampu merekrut tenaga kerja sesuai dengan keahlian,” sela Kabid Perindustrian Elsi Oktavia.

BACA JUGA:  Sejumlah Sekolah di Pesisir Selatan  Menjadi Lokasi Sosialisaai Pencegahan dan Penanggulangan Narkoba

Maka dari itu, pihaknya juga menekankan kepada kontraktor pelaksana pembangunan Sentra IKM logam, agar melaksanakan pembangunan sesuai dengan spack dan pelaksanaan tepat waktu, berdasarkan kontrak kerjasama antara rekanan dengan pengguna anggaran.

Reporter: S Hanif.
Editor     : Melatisan

Facebook Comments

loading...