Harlah Pancasila Ke-75, Dandim 0306/50 Kota : Negara Lain Iri Kita Punya Pancasila

Harlah
Dandim 0306/50 Kota Letnan Kolonel Kav Ferry S Lahe

Beritanda1 – Dandim 0306/50 Kota Letnan Kolonel Kav Ferry S Lahe menyebutkan,  hari lahir Pancasila yang ke 75 Tahun yang jatuh pada 1 Juni 2020 ini, menjadi momentum besar bagi sejarah dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Dengan telah 3/4 abad umur Pancasila, sebagai bentuk bukti dasar dari kesatuan dan persatuan rakyat Indonesia yang begitu solid. Hikmah dari 75 tahun Pancasila ini dapat kita ambil bahwasanya negara manapun iri dengan kita yang memiliki Pancasila, pemersatu bangsa yang mamiliki beragam suku budaya,” ungkap Letkol Ferry dalam sambutannya saat Apel Gabungan Pemko Payakumbuh bersama TNI-Polri di depan Posko Utama Covid 19 Payakumbuh, Senin (1/6).

Apel gabungan dengan melibatkan kurang lebih 150 personil TNI, Polri, dan Satpol PP itu dilaksanakan sesuai dengan amanat presiden Republik Indonesia mengusung tema ‘Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju’.

“Hari lahir Pancasila ini biasanya setiap tahun kita sambut dengan upacara gabungan, namun karena saat ini Indonesia sedang tanggap darurat bencana Covid-19 yang meniadakan aktifitas kerumunan, maka cukup dilaksanakan Apel Gabungan saja dalam tempo yang singkat, namun tidak mengurangi kesan dari momentum HUT Pancasila itu sendiri,” kata Letkol Ferry.

Apel gabungan bersama jajaran TNI-POLRI dan Satpol PP itu tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dengan barisan menjaga jarak sekitar 1 meter perorangnya, juga diikuti Wakil Wali Kota Erwin Yunaz, Kapolres Kota Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, dan Sekda Rida Ananda.

Usai apel gabungan, Dandim Letkol Ferry yang diwawancarai menyampaikan pesan Presiden Jokowi,  yang mengingatkan tentang tantangan dan kesulitan negara di tengah pandemi Covid-19. Presiden Jokowi menegaskan bangsa Indonesia harus optimis dan menjadi pemenang melawan Virus Corona alias Covid-19.

BACA JUGA:  Pengelola Keuangan Dilatih, Bupati Gusmal: Pemerintah Nagari Harus Menerapkan Prinsip Akuntabilitas

“Peringatan Hari Lahir Pancasila di tengah pandemi covid-19 yang menguji daya juang sebagai bangsa. Menguji penngorbanan kita, kedisiplinan, kepatuhan kita, menguji ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang tepat dan cepat,” kata Dandim meneruskan pesan Presiden Jokowi.

Dikatakan, dalam menghadapi ujian tersebut kita bersyukur Pancasila menjadi bintang penjuru menggerakkan semuanya, dalam mengatasi semua tantangan yang kita hadapi, nilai luhur Pancasila harus kita hadirkan secara nyata. Pancasila harus menjadi nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah.

Dandim juga mengajak setiap elemen untuk terus memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan saling membantu dan bergotong royong, serta selalu optimis, bangsa kita adalah bangsa pemenang.

“Tantangan tidaklah mudah, situasi yang sulit masih akan kita hadapi. 215 negara berada dalam kondisi seperti kita, semua dalam kesulitan,” tutupnya.

Reporter: Diko Rahmad

Facebook Comments

loading...