Beranda Peristiwa Harimau Sumatera Muncul Lagi di Solok, Warga Menghalau dengan Bunyian Meriam Karbit

Harimau Sumatera Muncul Lagi di Solok, Warga Menghalau dengan Bunyian Meriam Karbit

Harimau Sumatera
Harimau Sumatera/ ist

Beritanda1– Kawanan Harimau Sumatera mendadak muncul lagi di kawasan hutan di Nagari Gantung Ciri, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, setelah sebelumnya sempat menghebohkan warga setempat.

 

Berbeda dengan kemunculan beberapa waktu lalu sebanyak tiga ekor, penampakan Raja Hutan pada Minggu (7/6/20) sekira pukul 14.00 Wib siang, hanya terlihat sebanyak dua ekor. Dari postur badan kedua binatang buas itu diperkirakan adalah Induk dan Anak Harimau.

” Yang melihat harimau muncul lagi di kawasan perladangan adalah salah seorang warga kita di Limpauang, Jorong Baringin, Nagari Gantung Ciri,” terang Wali Nagari Gantung Ciri, Hendri Yuda, Senin (8/6/2020).

Dikatakan, warga yang melihat kemunculan Harimau itu khawatir terjadi sesuatu, sehingga ia memilih kembali pulang dan membiarkan kawanan harimau tersebut. Kemungkinan, harimau tersebut merupakan harimau yang sebelumnya juga pernah ditemui oleh warga sekitar.

Atas penampakan “Inyiak Balang” itu, puluhan warga bersama perangkat Nagari GantungnCiri kemudian melakukan upaya penghalauan, Senin (8/6/2020). Jarak kawasan perladangan dari pemukiman warga ada sekitar 4 kilometer.

“Kita melakukan pengusiran Harimau bersama puluhan warga dan petugas. Upaya penghalauan dilakukan dengan membuat suara atau bunyi-bunyian dengan meriam karbit,” terangnya.

Dari operasi penghalauan yang dilakukan dari pukul 14.00 Wib sampai menjelang magrib tadi, warga tidak menemukan keberadaan Harimau. Namun pihaknya berharap, kawanan Harimau segera menjauh masuk hutan sehingga warga bisa berkebun seperti biasa.

Terkait kemunculan binatang buas itu, Ketua DPRD Kabupaten Solok, Jon Firman Pandu, yang diminta tanggapannya, berharap petugas dari BKSDA Sumbar dapat mengantisipasi dengan membius ketiga harimau yang kerap mencemaskan warga.

“Kemarin kita bersama petugas juga sudah meninjau ke lokasi, karena ini sudah sangat mengkhawatirkan. Kita minta pihak terkait memprioritaskan evakuasi harimau dari sekitaran kawasan perladangan warga,” pintanya.

BACA JUGA:  Musrenbang Kelurahan Tanah Garam Kota Solok Prioritaskan Pemulihan Ekonomi

Pihaknya meminta warga untuk tetap waspada dengan kehadiran Harimau yang memang belum terlacak keberadaanya.

“Kita minta warga tetap berhati-hati sebelum harimau tersebut tertangkap dan dikembalikan ke habitatnya atau ke kebun binatang oleh pihak terkait,” paparnya.

Reporter : Adi
Editor      : Melatisan

Artikel sebelumya“Nongkrong” di Pasar, Wako Padang Panjang Kampanyekan TNBPAC
Artikel berikutnyaLetakkan Batu Pertama, Wako Riza Falepi Apresiasi Pembangunan Kampus IV UMSB di Payakumbuh