Gubernur Sumbar: Kesiapan Kubang Gajah Payakumbuh Menjadi Kampung Tangguh Layak Dicontoh

Gubernur
Gubernur Irwan Prayitno kunjungi kampung tangguh di perumahan Kubang Gajah, Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh, Rabu (17/6)

Beritanda1 – Gubernur Irwan Prayitno mengharapkan dan mendorong seluruh kelurahan dan nagari di Sumatera Barat memiliki kesiagaan terhadap Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan menjadi kampung tangguh.

Hal itu disampaikannya ketika mengunjungi kampung tangguh di perumahan Kubang Gajah, Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh, Rabu (17/6)

Dikatakan, seluruh RT, RW, kelurahan dan nagari diharapkan siaga. Tetapi  Kubang Gajah dinilai tidak hanya siaga dengan datangnya COVID-19 di daerahnya,  juga memiliki kesiapan dalam ketahanan pangan.

Menurut Irwan Prayitno, Kesiapan  perumahan Kubang Gajah  dalam ketahanan pangan harus diapresiasi dan menjadi contoh bagi daerah lain.

“ Di sini lengkap, baik siaga dan ketahanan pangannya. Ada ikannya, tanamannya, berasnya dan kesiagaan dalam memantau orang masuk. Saya apresiasi apa yang dilakukan Kubang Gajah,” sebutnya.

Pada kesempatan, Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan kampung tangguh merupakan program dari Presiden RI dan Kapolri.

“Tapi kita melihat kearifan lokal, satu nama yang tengah disiapkan, yakni Nagari Tageh Rumah Gadang. Semoga yang dilakukan Kubang Gajah ini dapat diadopsi daerah lain,” kata dia.

Menyambut itu,  Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan kampung tangguh Kubang Gajah hadir karena semangat gotong royong segala pihak.

“Ini tanggung jawab kita bersama, makanya semangat gotong royong sangat dibutuhkan.  Jangan sampai abai dan melakukan pembiaran-pembiaran,” ujarnya.

Ia mengatakan, selain Kubang Gajah, juga ada dua kelurahan lainnya yang juga didorong menjadi kampung tangguh. Ketiga kelurahan itu, yakni kelurahan Payobasung di Kecamatan Payakumbuh Timur serta gabungan kelurahan Koto Panjang Padang dan Koto Panjang Dalam di Kecamatan Lamposi Tigo Nagari.

Reporter: Diko Rahmat

Facebook Comments

BACA JUGA:  Atasi Dampak Covid-19, 35.643 KK di Kabupaten Solok akan Terima Bantuan
loading...