Beranda Birokrasi Gubernur Bengkulu: Pulau Enggano Potensial Dalam Pengembangan Pariwisata

Gubernur Bengkulu: Pulau Enggano Potensial Dalam Pengembangan Pariwisata

Gubernur
Gubernur dan Wagub Bengkulu, Sumbar dan Kepri diberi ucapan selamat oleh Presiden Jokowi selepas pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (25 Februari 2021) (Foto: Humas Setkab)

Beritanda1 – Selepas dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar dan Kepulauan Riau, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan Pulau Enggano sangat potensial dikembangkan dalam rangka pembangunan pariwisata

 

Selain fokus dalam upaya penanganan Covid-19, untuk pemulihan dan penguatan ekonomi pihaknya akan berupaya mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat di wilayah tersebut dengan mengoptimalkan pemanfaatan komoditas unggulan Bengkulu, baik di sektor pertanian, perkebunan, maupun hasil dari kawasan pesisir dan laut.

“Ada satu pulau terluar, Pulau Enggano, ini juga sangat potensial dalam rangka pengembangan pariwisata yang berbasis dengan wilayah pesisir laut, pengembangan komoditas kopi, kemudian sawit, karet, dan sebagainya,” ujar Rohidin didampingi Rosjonsyah sebagai Wagub  Bengkulu dalam keterangan persnya di Istana Negara, Jakarta, Kamis (25 Februari 2021).

Gubernur Bengkulu menekankan, pihaknya akan mengedepankan hilirisasi industri dalam pengembangan komoditas tersebut. Termasuk mendorong pengembangan UMKM di wilayahnya, salah satunya dengan mensinergikan dengan sektor pariwisata.

Di Bengkulu, ungkapnya, tengah dikembangkan Program Dedi Dewi (Desa Digital, Desa Wisata) yang sejalan dengan kebijakan Presiden Jokowi. Kopi sebagai komoditas unggulan Bengkulu, Rohidin mencontohkan, menjadi komoditas utama pada Warung Kopi Digital.

“Menyinergikan antara desa digital dengan desa wisata dari 1.431 desa di Bengkulu. Sehingga nantinya akan menjadi pemicu di mana warung kopi digital akan menggerakkan ekonomi pada tingkat desa, yang betul-betul selaras dengan era digitalisasi sekarang dan apalagi di era pandemi Covid-19,” paparnya.

Sumber: Setkab go.id

BACA JUGA:  Selamatkan Pesisir Pantai, Polres Pessel Tanam 3.000 Mangrove
Artikel sebelumyaUsai Dilantik, Ini Komitmen Mahyeldi-Audy Joanaldy Membangun Sumbar
Artikel berikutnyaDikelola Koperasi, Lapas Muaro Padang Sediakan Fasilitas Video Call bagi Warga Binaan