Beranda Peristiwa Guardrail Jalan Nasional di Pesisir Selatan Dirusak OTK, Novermal Yuska Geram

Guardrail Jalan Nasional di Pesisir Selatan Dirusak OTK, Novermal Yuska Geram

guardrail
Sejumlah baut besi pengaman jalan (Guardrail) di jalan nasi

Beritanda1 – Sejumlah baut besi pengaman jalan (Guardrail) di jalan nasional Bukit Taratak Sutera-Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan , Sumbar, diduga dicuri orang tidak di kenal (OTK).

Meihat kenyataan itu, Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Novermal Yuska menjadi geram. Ia bahkan menduga ada kelompok spesialis pencurian baut dan besi pagar pengaman jalan di Sumatera Barat yang luput dari pantauan aparat penegak hukum.

Dikatakan, selain di jalan kawasan Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan dan Sungai Pisang Kota Padang, baut-baut Guardrail di jalan nasional Padang-Bengkulu, tepatnya di Bukit Taratak Sutera-Batang Kapas juga banyak yang hilang.

“ Sejumlah besi pagar pengaman jalan di Bukit Taratak tersebut banyak yang lepas dari tiangnya. Bahkan, baut-baut anti karat itu hilang entah kemana. Kondisi ini tentu sangat berbahaya bagi pengguna jalan (pengendara). Sebab, di balik pagar pengaman tersebut ada jurang-jurang yang sangat dalam,” ucap Novermal Yuska yang sebelumnya juga di unggah di laman Facebook pribadi miliknya, Rabu (17/6).

Terkait kondisi tersebut, ia berharap agar jajaran Balai Pelaksana Jalan Nasional Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), segera memperbaikinya. Menurutnya, pemasangan baut tersebut meski diperkuat dengan memasang las untuk menghindari pencurian dikemudian hari.

“Kita semua wajib menjaga aset negara ini agar tidak di curi lagi. Jika melihat atau menemukan pelakunya, segera laporkan ke polisi terdekat. Selain itu, kami juga meminta jajaran Polisi Resort Pesisir Selatan proaktif mengusut kasus ini. Save pengaman jalan,” katanya.

Guardrail
Besi Pengaman Jalan Nasional Di Pesisir Selatan Di Rusak Otk

Sementar itu, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, mengintruksikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) setempat, memasang kembali bagian pengaman jalan (Guardrail) di Kawasan Mandeh yang sebelumnya rusak karena komponennya diduga dicuri orang  tak dikenal.

BACA JUGA:  Pasca Ditetapkan Zona Kuning, Pessel Kembali Tutup PBM Tatap Muka

“Tolong Pak Kadis, segera koordinasikan dengan Dinas PU-PR Provinsi Sumatera Barat (Sumbar),” ujar Hendrajoni saat  mengunjungi lokasi, Selasa (16/6).

Untuk mencegah pencurian berikut terjadi, ia meminta Dinas PU-PR memasang kembali Guardrail tersebut menggunakan las.

“Bila perlu antara komponen yang satu dengan yang lainnya di permanenkan saja dengan memasang las,” ucapnya lagi.

Selain itu, Bupati Pessel dengan tegas meminta agar hal tersebut dilaporkan ke aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas dalang dibalik pencurian pengaman jalan di Kawasan Wisata Bahari Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan.

Sebelumnya dikabarkan, komponen pagar pengaman jalan (Guardrail) di jalan nasional Kawasan Mandeh, Kecamatan Koto Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, juga dicuri OTK. Di lokasi terlihat, baut dan besi penyangga sudah hilang sedangkan bagian pagar pengaman jatuh ke tanah.

Kerusakan terparah terlihat di lokasi, Taluak Marunggai, Nagari Sungai Pinang, dan tiga titik lainnya di sepanjang jalan wisata tersebut.

Pada kesempatan, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, juga berdialog dengan masyarakat setempat agar turut menjaga sarana dan prasarana jalan yang ada disekitar kawasan Mandeh.

“Tolong ya bapak ibuk, mari sama-sama kita jaga keindahan dan kenyamanan wisata ini. Jangan sampai di rusak. Kalau ketahuan siapa orangnya, laporkan kepada saya,” ingatnya.

Reporter: Okis Rockin

 

Artikel sebelumyaTiga Ranperda Disetujui DPRD Kab Solok Menjadi Perda
Artikel berikutnyaGuardrail di Jalan Nasional di Pesisir Selatan Digondol Maling, Novermal Yuska Tabik Rabo