Gowes Bersama Milenial, Ketua GOW Retri Zuldafri Perkenalkan Pesona Alam Tanah Datar

Retri
Ketua GOW Kabupaten Tanah Datar di antara kaum milenial dari Batusangkar, saat mengikuti gowes bersama ke lokasi wisata Puncak Pato

Beritanda1 –Bersama kaum milenial, Ketua GOW Tanah Datar Retri Zuldafri Darma meng”eksplore” pesona dan keindahan alam sejumlah lokasi wisata di darah itu, sembari bersepeda santai (gowes), Minggu 5 Juli 2020.

 

Gowes itu sendiri yang diikuti setidaknya 40 pesepeda dari komunitas milenial Batusangkar. Kegiatan diawali di Puncak Pato Lintau Buo Utara dan berakhir di Ngalau Pangian Lintau Buo.

“Bersepeda atau gowes ini merupakan kegiatan olahraga untuk menjaga kesehatan, namun ada nilai lain yang bisa dipetik dari kegiatan ini, seperti pengenalan potensi wisata kemudian juga sebagai wahana memupuk rasa persaudaraan antar generasi muda itu sendiri,” ujar Ketua GOW Tanah Datar Retri Zuldafri Darma di sela kegiatan tersebut.

Retri mengungkapkan, bersepeda bagi dirinya pada awalnya tidak suka, bahkan  lebih kepada takut.  Namun akhirnya jatuh cinta. Kata ini menggambarkan, sesuatu yang belum dikenal, begitu mencoba bisa membuat menjadi hobi yang menyenangkan.

“Begitupun dengan pesona alam yang kita miliki, sebelum dikenal, kita cenderung melihat potensi alam di daerah lain. Namun kemudian ketika tahu ada lokasi wisata yang kita miliki, kita juga akan jatuh cinta, karena keindahan alamnya,” beber Retri.

Retri Zuldafri Darma
Sesudut pesona alam Puncak Pato Lintau Buo Utara .

Disamping itu, tambah Retri, kegiatan olahraga ini juga bisa menjadi benteng bagi diri, dari perilaku negatif yang merugikan diri sendiri. “Kita sangat prihatin terhadap fenomena perilaku negatif, seperti narkoba, pergaulan bebas, LGBT dan lainnya. Nah dengan kegiatan seperti bisa menjauhkan generasi muda kita dari itu semua, tentunya ditambah juga dengan peningkatan spiritual agama dan pengawasan orang tua,” ujarnya.

Senada dengan itu, Zannuba Arifah, salah seorang peserta dari komunitas sepeda Lintau Kayuah mengungkapkan hal yang sama. “Sebagai generasi muda kami memang membutuhkan media ataupun wadah dalam menyalurkan hobi sehingga kami tidak mudah terpengaruh dan terjebak dalam perilaku negatif,” katanya.

BACA JUGA:  Munculkan Inspirasi, Pemuda Lolo dan Surian Antusias Menyambut Nofi Candra

Lantaran itu, ia berharap intensitas kegiatan seperti itu semakin banyak digelar di Tanah Datar. “Tentunya kegiatan yang dilakukan dan digagas ketua GOW Tanah Datar ini sangat kami dukung dan apresiasi, sebagai bentuk dan bukti bahwa beliau sangat peduli dan perhatian kepada kaum milenial, apalagi di kegiatan ini kami bisa menjalin silaturahmi dan rasa kekeluargaan dengan saudara dari Batusangkar,” pungkasnya.

Reporter: Wahyu Haryadi

Editor: Malin Marajo

Facebook Comments

loading...