Gojek Resmi Luncurkan PCX Listrik Sebagai Armada Baru

Jakarta—PT.Astra International telah mengucurkan dana ke penyedia jasa transportasi berbasis aplikasi, Gojek. Nilainya cukup besar, mencapai US$150 juta atau setara dengan Rp2 triliun.

Presiden Direktur Astra International, Prijono Sugiarto mengatakan, dukungan mereka terhadap Gojek diharapkan dapat menggabungkan keahlian dua perusahaan di bidang otomotif.

“Kami antusias menjadi bagian Gojek, yang merupakan pemain utama dalam ekonomi digital Indonesia dan dipimpin oleh manajemen anak bangsa yang solid,” ujarnya.

Dilansir dari 100kpj, Jumat (2/8), beberapa mitra Gojek mulai dibekali dengan sepeda motor listrik. Kuda besi itu adalah produk dari salah satu anak perusahaan Astra, yakni PT Astra Honda Motor.

Maka, para pelanggan setia Gojek, jangan kaget apabila suatu waktu dijemput driver dengan motor senyap milik Honda, PCX listrik. Penggunaan itu untuk mengkaji efektivitas motor listrik sebagai alternatif kendaraan transportasi berbasis aplikasi. Di mana hasilnya nanti diharap dapat jadi bahan referensi untuk penelitian dan pengembangan kendaraan listrik pada tahap berikutnya.

Menurut Direktur Astra Paulus Bambang Widjanarko, kolaborasi ini merupakan kerja sama antara dua perusahaan nasional berpengalaman. Yakni Astra yang berpengalaman di bidang otomotif khususnya roda dua.

“Lalu Gojek yang merupakan platform teknologi on-demand terdepan di Indonesia,” ujar Paulus.

Sementara itu Chief Operations Officers Gojek Hans Patuwo mengatakan, unit PCX listrik diuji coba Astra-Gojek ini hanya akan diberikan pada mitra terpilih. Di mana layanan motor listrik PCX ini baru akan dipusatkan di kawasan pusat Jakarta saja.

“Dalam uji coba yang dilakukan di Jakarta, mitra driver Gojek terpilih akan melayani pelanggan dengan menggunakan Honda PCX Electric yang disediakan oleh Astra,” ujar Hans.

Hans menambahkan bahwa hasil dari uji coba yang mengintegrasikan Honda PCX Electric ke dalam ekosistem Gojek, baik pengalaman mitra driver maupun penumpang. “Tentunya akan menjadi masukan untuk menjajaki kemungkinan pengembangan kerja sama ke skala yang lebih luas,” tuturnya.

BACA JUGA:  Upss..Kominfo Blokir Situs Film IndoXXI, Ini Alasannya.

Seperti diketahui, Honda memiliki beberapa varian PCX. Ada versi bensin konvensional, hybrid, dan terakhir listrik murni. Unit listrik murni-lah yang belakangan dipilih untuk digunakan jadi bahan uji coba oleh Astra-Gojek.

Terlebih PCX listrik memang belum dijual untuk umum, melainkan baru sekadar disewakan alias direntalkan saja. AHM memutuskan, untuk menyewakannya pada perusahaan yang membutuhkan alat tansportasi ramah lingkungan.

Sumber: 100kpj/ https://indeksnews.com/2019/08/02/pcx-listrik-resmi-jadi-armada-gojek/

 

 

Facebook Comments

loading...