Gelar Temu Usaha, Kadis Koperinda Kab. Solok Janji Membuka Outlet Kuliner

SOLOK – Memotivasi  kegiatan pengusaha dalam mengembangkan produk yang dihasilkan, pemerintah Kabupaten Solok melalui Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan (Koperindag) melalukan temu Usaha Penguatan Permodalan bagi  UMKM di  Gedung Promosi Koperindag Kawasan Selayo, Kamis (27/6/2019).

Dihadiri bupati Solok H. Gusmal, SE. MM, Kadis koperindag  Evanasri, SH. MM menyampaikan esensi temu usaha  sebagai antisipasi menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Dalam  dimana tersebut, para pelaku usaha benar-benar mampu dan siap untuk bersaing di pasar bebas dengan meningkatkan kwalitas produk serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). “ Kita terus berupaya meningkatkan kemampuan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah dan mencari alternatif permodalan melalui Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari perbankan, seperti BRI, BNI, Bank Mandiri, “ papar Eva Nasri.

Ia menyebutkan sumber permodalan  dari lembaga keuangan lainnya juga terus menjadi prioritas, seperti koperasi, Kredit Mikro Nagari, PMPN dan Sebagainya.

Dikuti sebanyak 50 orang peserta,  Temu usaha Penguatan Permodalan UMKM dengan berbagai jenis usaha di Kabupaten Solok.” Kita segera  membuka Outlet kuliner dan cendramata khas kabupaten Solok di Gedung Promosi ini,” kata Eva Nasri.

Menyambut itu,  Bupati Solok Gusmal menyampaikan apresiasi kepada peserta temu usaha yang telah berpartisipasi mengembangkan ekonomi di kabupaten Solok. Peranan UKM dalam pertumbuhan ekonomi,  kata Gusmal,  secara objektif  dapat disimpulkan peranan institusi lain, seperti pemberi modal atau kredit sangat memegang peranan strategis di dalam memodali UKM. “ Tetapi kita juga menyadari SDM sebagian besar pelaku UKM dirasakan masih rendah,  baik dari segi keterampilan, pengetahuan teknis, dan manjemen usaha,” kata Gusmal.

Atas alasan itu,  melalui Temu Usaha Penguatan Permodalan yang terarah dan berkesinambungan, sesuai dengan kebutuhan guna meningkatan produktifitas usaha ,   ke depan permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UKM bisa teratasi.

BACA JUGA:  Dicurigai Pelaku Penculikan Anak, Warga Koto Gadang Guguak Amankan Pria Tanpa Identitas

“ Tekad kita adalah untuk membangun ekonomi kerakyatan yang bertujuan untuk mejingkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat yang didukung oleh semua pihak,” beber bupati Solok

Ia kemudian menaruh harapan, dengan adanya Temu Usaha Penguatan Permodalan akan dapat mendorong pelaku UKM  untuk  meningkatkan produksi usaha. Dengan demikian  pelaku UKM akan mampu berkembang secara mandiri berkesinambungan. “ Kita akan tetap perhatikan pertumbuhan UKM ini sebagai sumber perekonomian masyarakat, “ sebut Gusmal.

 

Facebook Comments

loading...