Gawat.. Jalan Salimpek Tertimbun Longsor 400 meter, Ribuan Warga Terjebak

625
Ribuan warga terjebak akibat Banjir disertai material longsor yang menutup akses jalan di Jorong Sipadieh Simpang Taratak Baru Salimpek Kec. Lembah Gumanti. Kamis (13/2)

AROSUKA—Hujan deras yang mengguyur kawasan lembah Gumanti sepanjang kamis (13/2), membuat jalan lintas utama menuju Kec. Hiliran Gumanti terputus total akibat diterjang banjir dan tanah longsor. Lokasi longsor berada di  Jorong Sipadieh Simpang Taratak Baru Salimpek Kec. Lembah Gumanti.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Kab. Solok Drs. Armen AP. MM kepada beritanda1.com menyebutkan, jalan yang menjadi akses utama bagi warga nagari Alahan Panjang dengan  Talang Babungo tersebut, tertimbun material longsor sepanjang 400 meter.

Akibatnya, Ribuan masyarakat Talang Babungo, Sariek Alahan Tigo, Sungai Abu dan alahan panjang yang berada di wilayah kecamatan hiliran Gumanti terjebak di lokasi dan tidak bisa kembali ke rumah.

“Kejadiannya  sekira pukul 16.30 wib. Apalagi hari Ini adalah hari pasar di Talang Babungo dan Alahan Panjang banyak masyarakat yang hari ini berada di pasar dan belum pulang ke rumah akibat longsor tersebut menutup akses jalan,” ujar Armen.

Banjir disertai material longsor yang menutup akses jalan di Jorong Sipadieh Simpang Taratak Baru Salimpek Kec. Lembah Gumanti. Kamis (13/2)

Menyikapi itu, saat ini kata Armen, Tim reaksi cepat (TRC) BPBD telah meluncur ke lokasi untuk membantu melakukan upaya tanggap darurat. “kami sudah memberitahukan SKPD terkait,  Stake Holder kebencanaan, TNI, Polri, PMI, Tagana, RAPI, untuk segera ke lokasi bencana, karena masih banyak warga yang terjebak.” katanya.

Sampai berita ini diturunkan, pukul 20.35 wib, baru kendaraan roda dua yang bisa melintas. sementara kendaraan roda empat masih terjebak kemacetan panjang.

BACA JUGA:  Kabut Asap Makin Menghawatirkan, Bupati Pessel Keluarkan Edaran, Ini Isinya.

Reporter: MALIN MARAJO

Facebook Comments

Loading...
loading...