Final, Pilkada Sijunjung Diikuti Lima Pasangan Calon

Sijunjung
Paslon Bupati-Wakil Bupati Sijunjung, Ustazd Hendri Susanto - Indra Gunalan

Beritanda1 – Jalan berliku ditengah suhu politik yang makin tinggi menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Sijunjung, akhirnya memunculkan  lima pasang calon (Paslon) bupati dan wakil bupati yang akan bertarung pada pesta demokrasi tanggal 9 Desember, mendatang.

 

Menariknya, tidak serta merta para partai politik (Parpol) mengusung kandidatnya maju di  di Pilkada Sijunjung. Politisi Partai NasDem, H. Endre Saifoel contohnya, kandidat ini maju berpasangan dengan Nasrul, kader Partai Bulan Bintang (PBB), justru melalui jalur perseorangan. Alasannya, lewat jalur independen lebih murah dan tak perlu ngeluarkan cosh banyak.

Sijunjung
H. Endre Saifoel – Nasrul

Sebelum dengan Nasrul, sosok yang akarab disapa Ji Wen ini, berencana maju bersama Mendro Suarman (ASN). Namun diperjalanan pasangan ini bubar dan kenapa sampai gagal tak tahu penyebabnya.

Paslon lainnya, uztad Hendri Susanto berpasangan dengan Indra Gunalan (UHS-IG) diusung PKS-PKB. Sebelum dengan IG, UHS awalnya berencana berpasangan dengan Liswandi (politisi Demokrat) dan juga berencana berpasangan dengan Arrival Boy, Wabup kader Golkar juga gagal maju bersama dan tak jelas pula apa penyebabnya.

Pilkada
Benny-Radi

Sedangkan Benny-Radi, diusung empat Partai (NasDem-PPP-Golkar dan PBB (10 kursi) siap dengan semua amunisinya. Pasangan ini tetap solid sejak awal hingga ke pendaftaran ke KPU Jumat (4/9). Menurut Benny, maju di Pilkada Sijunjung, ia mencalonkan diri disetiap Parpol dan mengaku tak pernah merampas Parpol seperti yang di isukan. ” Isu itu tidak benar, mana pula saya ada merampas,” terang Benny beberaoa waktu lalu.

Nama Ashelfine-Sarikal yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN)-PDI P dan Demokrat telah memastikan maju di Pilkada Sijunjung. Menurut Ashelfine dan Sarikal, saat dihubungi mengatakan SK B1.KWK Parpol dari Partai Demokrat, sudah ia kantongi. ” Sebelumnya B1.KWK Parpol PDI P dan dari PAN juga sudah siap untuk pendaftaran di KPU,” ujarnya.

BACA JUGA:  Pemutakhiran Data Pemilih, KPU Lounching Gerakan Klik Serentak
Sijunjung
Arrival Boy berpasangan dengan dr. Mendro Suarman

Sedangkan Wakil Bupati Sijunjung sekarang, Arrival Boy berpasangan dengan dr. Mendro Suarman, mengantongi SK B1 KWK Partai, Gerindra dan Perindo. Politisi Partai Golkar ini awalnya diragukan bisa maju lantaran tidak didukungan Parpol, terutama dari parpolnya sendiri (Golkar).

Sebelumnya Arrival Boy akan maju bersama Syafrizal, mantan Kabiro Umum Kemenag RI, sebagai Cawabup. Namun di perjalanan Syafrizal mundur lantaran harus mengemban tugas baru diberikan Mentri Agama.
Tak beberapa lama berselang Arrival Boy dipinang Rizki Abdian Putra, tak jelas penyebabnya, Arrival Boy pun gagal maju bersama Rizki.

Sijunjung
Ashelfine-Sarikal

Selang beberapa waktu kemudian, Arrival Boy dipinang Partai Gerindra. Bahkan sempat membuat koalisi Gerindra-Golkar. Namun, ditengah perjalanan, ternyata Dewi Fortuna tak berpihak pada Arrivak Boy. Malah DPP Partai Golkar justeru mendukung Benny-Radi untuk maju di Pilkada Sijunjung.

Hal yang sama juga dialami Sarikal sebagai kader Golkar yang menjadi pendamping Ashelfine, sama-sama kader yang tak didukung partainya sendiri.

Reporter: S. Husen

Facebook Comments

loading...