Beranda Daerah Elfi Sahlan Ben Meninggal Dunia, Kabupaten Solok Berduka

Elfi Sahlan Ben Meninggal Dunia, Kabupaten Solok Berduka

Elfi Sahlan Ben
Prof. DR. Elfi Sahlan Ben, APt

Beritanda1– Kabar duka menyelimuti Kabupaten Solok. Mantan wakil Bupati Solok Prof.Dr.Elfi Sahlan Ben,A.Pt dipanggil sang Khalik, Rabu (24 Februari 2021).

 

Mantan Wakil Rektor IV Universitas Andalas (Unand) ini meninggal sekitar jam 05.00 Wib di Semen Padang Hospital (SPH) Padang.

Almarhum sebelumnya juga sempat dirawat di RS M. Natsir Kota Solok dan RS M Jamil Padang karena sakit.

Rektor Universitas Mahaputra Mohammad Yamin (UMMY) Solok  periode 2010-2019 yang merupakan putra nagari Kotobaru, Kecamatan Kubung  Kabupaten Solok ini, meninggal dunia dalam usia  74 tahun dan meninggalkan seorang istri  Nun Zarina (Malaysia) serta dua orang anak, dr. Eka dan dr. Dwi Elfira.

Yuliandri
Rektor Unand Prof.dr.yuliandri, Sh,Mh Melepas Jenazah Almarhum Ke Tempat Peristirahatan Terakhir, Rabu (24 Februari 2021) Di Kotobaru

Elfi Sahlan yang merupakan tokoh adat nagari Koto Baru yang memiliki gelar adat Datuak Rajo Nan Sati, adalah seorang akademisi dengan jabatan terakhir Rektor Universitas Perintis Indonesia (Upertis) Padang.

Selepas menjabat sebagai  wakil Bupati Solok periode 2000-2005 bersama pasangannya, H. Gamawan Fauzi sebagai Bupati Solok, manti adat Suku Malayu, nagari Koto Baru, kecamatan Kubung ini, juga dipercaya sebagai Wakil Rektor IV Universitas Andalas (Unand) kemudian diangkat sebagai Rektor UMMY Solok.

Elfi Sahlan yang dikenal sebagai pendidik, juga aktif dalam kegiatan sosial. Almarhum tercatat sebagai pendiri organisasi Solok Saiyo Sakato (S3) dan pernah menjabat sebagai ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kotobaru, Solok.

Mendengar khabar meninanggalnya tokoh Kabupaten Solok itu, Pelaksana harian (Plh) Bupati Solok Aswirman  ikut menyampaikan  belangsungkawa yang dalam.

“Beliau salah seorang tokoh dan putra terbaik Kabupaten Solok. Banyak jasa almarhum untuk kemajuan daerah Kabupaten Solok. Semoga almarhum husnul khotimah dan amal ibadah beliau diterima Allah SWT,” ucap Aswirman.

Sementara itu, Rektor Unand Prof.Dr.Yuliandri, SH,MH yang langsung melepas jenazah almarhum ke tempat peristirahatan terakhir, mengatakan banyak jasa dan kontribusi keilmuan almarhum bagi kemajuan pendidikan di Sumatera Barat.

BACA JUGA:  Anda Butuh Kerja?..Job Fair Sijunjung Tawarkan 3000 Loker

“ Almarhum Elfi Sahlan selain menjadi dosen selama 40 tahun di Unand, juga menjabat sebagai Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama pertama di bentuk,” sebut Yuliandri dihadapan ratusan pelayat yang memadati rumah dagang kaum Datuak Rajo Nan Sati di Simpang Kotobaru.

Yuliandri menyebutkan rasa duka mendalam bagi  Civitas Akademika Unand atas kepergian Rektor Universitas Perintis Indonesia (Upertis) yang baru 7 bulan diembannya.

“ Kita semua kehilangan tokoh pendidik dan tokoh pemerintahan sekaligus. Kita mendo’akan beliau husnul khotimah, keluarga  yang ditinggalkan agar tabah dan amal ibadah beliau diterima Allah SWT,” pinta Rektor Unand Yuliandri.

Rumah Gadang
Rumah Gadang Kaum Dt. Rajo Nan Sati Tempat Jenazah Mantan Wakil Bupati Solok Elfi Sahlan Ben Di Semayamkan

Tampak hadir melayat dan mengantarkan almarhum Prof.Dr.Elfi Sahlan Ben,A.Pt ke tempat peristirahatan terakhir sederet tokoh pendidikan dan tokoh masyarakat Kabupaten Solok, diantaranya mantan bupati Solok H. Hasan Basri, Rektor UMMY Prof. Syahro Ali Akbar, Rektor UBH, Wakil Rektor I Upertis, H. Suryadi Asmi, Prof. Novirman Jamarun, Civitas Akademika Unand, UMMY, UBH, UPERTIS, serta sejumlah Pejabat Pemkab dan Pemko Solok.

Keponakan Almarhum, Apil Dt Rajo nan Basa menyebutkan, sebelum dimakamkan di pekuburan keluarga di kawasan Pebatungan Kotobaru, Almarhum Elfi Dahlan disemayamkan di Kampus UMMY Solok di Kotobaru dan dishalatkan di di Mesjid Raya Kotobaru.

Reporter: Wandi Malin