Beranda Daerah Dukung Lubuk Larangan Batang Lembang, Penyuluh Perikanan Patungan Beli Bibit Ikan

Dukung Lubuk Larangan Batang Lembang, Penyuluh Perikanan Patungan Beli Bibit Ikan

Batang Lembang
Para penyuluh perikanan kabupaten Solok bersama pemuda Lubuk Agung, sesaat setelah melepaskan bibit ikan di Lubuk larangan perairan Batang Lembang, Senin (15 Maret 2021)

Beritanda1—Sedikitnya, sebanyak 1.500 ekor bibit ikan kembali ditebar di perairan Batang Lembang di kawasan Jorong Lubuk Agung Nagari Kotobaru Kecamatan Kubung Kabupaten Solok, Senin (15 Maret 2021) pagi.

Menariknya, bibit ikan tersebut merupakan sumbangan swadaya dari hasil badoncek (patungan) para penyuluh perikanan Kabupaten Solok.

“Bibit ikan ini merupakan sumbangan swadaya dari hasil patungan kawan-kawan penyuluh perikanan Kabupaten Solok, untuk lubuk larangan Batang Lembang yang digerakkan oleh pemuda Lubuk Agung,”kata koordinator penyuluh perikanan Kec. Kubung Isra Novizal kepada Beritanda1.com.

Menggunakan rakit bambu, Isra dibantu dua orang pemuda turun ke sungai untuk menebar bibit tersebut guna menambah populasi ikan di perairan sungai yang mulai langka.

Isra menyebutkan, sumbangan tersebut merupakan bentuk dorongan dan pemicu semangat pemuda di jorong Lubuk Agung untuk menjaga kelestarian lingkungan perairan Batang Lembang melalui lubuk larangan.

“Ini merupakan kegiatan positif yang harus kita dukung bersama-sama. Apalagi ide ini lahir dari pemuda itu sendiri,” ucap Isra.

Batang Lembang
Koordinator Penyuluh Perikanan Isra Novizal Melepaskan Bibit Ikan Di Perairan Batang Lembang, Senin (15 Maret 2021)

Sementara itu, ketua kelompok lubuk larangan Lubuk Agung Feni Akel Orlando mengatakan,  sebelumnya sekitar 2.500 ekor bibit ikan juga telah ditebar di lubuk larangan Batang Lembang jorong Lubuk Agung. Bibit tersebut juga merupakan bantuan dan sumbangan swadaya dari masyarakat dan pemuda setempat.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh penyuluh perikanan Kabupaten Solok, kami tentu berharap, bibit ikan yang diberikan ini bisa bermanfaat. Terutama dalam menjaga kelstarian lingkungan perairan dan habitan ikan sungai di Batang Lembang ini,”ucapnya

Kawasan yang dijadikan sebagai lubuak larangan tersebut membentang sepanjang lebih dari satu kilo meter. Dimulai dari jembatan dekat lapangan tarandam hingga ke depan Polsek Kubung.

BACA JUGA:  BPOM RI Ke Lima Puluh Kota, Bupati Minta Pendampingan Izin Sertifikasi UMKM

“Di sepanjang kawasan ini, juga sudah kami pasangi plang ikan larangan, untuk memberitahukan kepada masyarakat agar tidak lagi menangkap ikan di kawasan tersebut,”kata Akel.

Malin Marajo