Beranda Daerah Dr.Yulkifli Amir Terima SK, Ini Program Strategis yang Disiapkan Pengurus IKA MAN-MAPK...

Dr.Yulkifli Amir Terima SK, Ini Program Strategis yang Disiapkan Pengurus IKA MAN-MAPK Koto Baru Padang Panjang

Dr. Yulkifli Amir
Ketua IKA PGA/PGAN/MAN/MAKN/MAPK Koto Baru wilayah Sumatera Barat Dr. Yulkifli, S.Pd, M.Si saat menerima SK kepengurusan dari kepala MAN 2 (MAN-MAPK) Koto Baru padang Panjang Agustaman, S.Ag di Kampus MAN 2 Koto Baru Padang Panjang

Beritanda1—Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) PGA/ PGAN/MAN/MAPK/MAKN Koto Baru Padang Panjang Wilayah Sumbar, Dr. Yulkifli Amir, S.Pd, M.Si mengatakan, pihaknya bersama pengurus sudah menyiapkan sejumlah program strategis untuk membantu peningkatan kapasitas madrasah di masa mendatang.

Hal itu diungkapkan Yulkifli Amir, menyusul ditandatanganinya Surat Keputusan (SK) pengurus IKA wilayah Sumbar oleh kepala MAN 2 (MAN –MAPK) Koto Baru Padang Panjang, Sabtu (17 April 2021) lalu.

Dr.Yulkifli sebelumnya terpilih secara aklamasi untuk memimpin Ikatan Keluarga Alumni (IKA) PGA/PGAN/MAN/MAKN/MAPK Koto Baru Padang Panjang untuk wilayah Sumatera Barat periode tahun 2021-2025 melalui musyawarah yang dihadiri perwakilan alumni dari berbagai angkatan di kampus MAN-MAPK Koto Baru Padang Panjang pada Sabtu (10 April 2021).

Sepekan usai terpilih, Yulkifli yang juga Dekan Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNP ini langsung bergerak cepat merampungkan kepengurusan. Alumni angkatan 93 ini didampingi oleh sekretaris Fitriyansyah S.Pd (angkatan 97) yang juga aktif sebagai pengajar di SMAN 1 Padang Panjang.

Dr. Yulkifli Amir

Terkait itu, Kepala MAN 2 Koto Baru Padang Panjang Agustaman, S.Ag yang didampingi oleh Wakasis Zulkifli, M.A yang juga merupakan alumni angkatan 90, berharap agar IKA wilayah Sumbar, dapat bersinergi untuk memajukan MAN 2 Koto Baru Padang Panjang.

“Kedepan banyak tantangan yang akan dihapadi oleh MAN Koto Baru, di antaranya program madrasah berketerampilan, madrasah riset dan madrasah digital, kami tidak bisa sendiri, peran IKA sangat kami harapkan,” kata Agustaman berharap.

Sementara itu, M. Syarif, salah seorang dari dewan penasehat yang hadir pada pertemuan itu menegaskan, seluruh alumni harus berkolaborasi dan bersinergi dengan pihak madrasah untuk kemajuan pendidikan di almamater tersebut.

“Mari saling merangkul jangan memukul, mari kita besarkan IKA. Jangan hanya bernarasi tapi juga kerja nyata untuk membantu dan membesalkan almamater kita,” ucapnya.

BACA JUGA:  Musrenbang Kecamatan Ranah Pesisir, Warga Minta TPA dan Ikan Larangan Pasar Labuhan

Menjawab harapan itu, ketua IKA terpilih Dr. Yulkifli, S.Pd, M.Si menekankan, pengurus secepatnya akan menyusun program kerja, berkomunikasi dengan pihak madrasah dan segera merealisasikan program tersebut.

Sejumlah Program strategis yang telah disiapkan antara lain, meningkatkan komunikasi dan silaturahmi sesama alumni dengan memanfaatkan sosial media. Menyempurnakan database Alumni, Kegiatan- kegiatan sosial dan Mengadakan kegiatan peningkatan kemampuan guru guru dan peserta didik. Dalam kapasitasnya sebagai akademisi, pihaknya juga akan memafisilitasi pihak Madrasah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan Tinggi di Sumatera Barat.

“Kerjasama yang dibangun dengan perguruan tinggi akan memudahkan sekolah dalam  mewujdukan program madrasah berketerampilan, madrasah riset dan madrasah digital,”terangnya.

Dr. Yulkifli, S. Pd, M. Si., juga mengajak agar para alumni bersama-sama membangun IKA dan memberikan kontribusi nyata untuk MAN Koto Baru Padang Panjang, tanpa membedakan latar belakang pendidikan dan status sosial.

Ia menegaskan, Ikatan Alumni daerah Sumatera Barat ini akan terus memberikan kontribusi baik kepada alumni dan secara khusus untuk sekolah. Terkecuali itu, diharapkan MAN 2 Padang Panjang tetap menjadi basis pengkaderan para ulama. Karena alumni sekolah agama terbaik di Sumatera ini juga banyak berkiprah dengan berbagai profesi di dalam dan luar negeri.

“Selain menghimpun potensi alumni untuk kemajuan almamater dan kemashlahatan sesama alumni, IKA PGA/PGAN/MAN/MAKN/MAPK Koto Baru wilayah Sumatera Barat juga berkomitmen untuk berperan aktif dalam menjaga marwah lembaga pendidikan agama Islam khsususnya di Ranah Minang,” ucapnya.

Dr. Yulkifli Amir
Penyerahan Sumbangan Untuk Pembangunan Mesjid Man 2 Koto Baru Padang Panjang Oleh Perwakilan Angkatan 99 Aan Zarni Kepada Kepala Madrasah.

Selepas penandatanganan dan penyerahan SK, pada kesempatan itu, perwakilan angkatan 99 Aan Zarni juga menyerahkan bantuan untuk pembangunan mesjid sebesar Rp. 2.500.000,. yang diterima langsung oleh kepala MAN 2 Koto Baru Padang Panjang.

Reporter: Malin Marajo

BACA JUGA:  Wabup Dharmasraya: Penyusunan RKPD Harus Selaras dengan Janji Kepala Daerah