Dr. Andani Eka Putra: Petugas Kewalahan Dengan Banyaknya Sample yang Masuk

dr Andani Eka Putra
dr Andani Eka Putra

Beritanda1 — Penanggung jawab Laboratorium Unand dr. Andani Eka Putra mengatakan bahwa saat kini tenaga kesehatan sudah kewalahan dengan banyaknya sample  polymerase chain reaction (PCR) yang masuk setiap hari.

 

“Sample yang masuk ada sekitar 4000 spesimen per hari, sementara kapasitas laboratium kita hanya bisa menampung 3000 spesimen per hari, saat ini kita perlu tenaga kesehatan dan peralatan labor yang memadai untuk pengujian sample tersebut,” kata dr. Andani Eka Putra saat dialog secara virtual dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) se Sumatera Barat Selasa, (1 September 2020).

Dr. Andani menambahkan sekarang adalah fase puncak penyebaran covid-19 di Sumbar, untuk itu diperlukan testing dan tracing, dan juga pembatasan-pembatasan kegiatan yang melibatkan banyak orang.

“Yang harus kita lakukan sekarang adalah mengedukasi masyarakat, menjalankan protokol kesehatan susah, jadi yang harus kita lakukan adalah mengedukasi masyarakat untuk ikuti protokol kesehatan,” ujar dr. Andani.

“Untuk itu kepada seluruh lapisan masyarakat, agar selalu patuh dan ikuti protokol kesehatan agar penyebaran Covid-19 bisa kita putus segera,” tambahnya.

Reporter: Rudi Cader

Editor: Malin Marajo

Facebook Comments

BACA JUGA:  Petugas Polsek Kamang Baru Gagalkan Penyelundupan 10 Jerigen Miras Jenis Tuak
loading...